Kamis 04 Apr 2024 06:44 WIB

Momen Paling Diminati Belanja, Transaksi Shopee Live Meningkat 44 Kali di Waktu Sahur

Shopee catat peningkatan produk yang dipromosikan melalui Shopee Live meningkat.

Momen Ramadan menjadi momen berbelanja masyarakat secara online. (ilustrasi)
Foto: AP / Andy Wong
Momen Ramadan menjadi momen berbelanja masyarakat secara online. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di momen Ramadan Shopee menemani momen spesial para pengguna, melalui kemeriahan puncak kampanye Big Ramadan Sale 2024 yang baru saja digelar. Pada 25 Maret dan 1 April lalu, berbagai keseruan dihadirkan melalui fitur interaktif, program inovatif dan promo terbesar melalui aplikasi Shopee, guna memberikan pengalaman belanja online yang lebih menyenangkan dan menguntungkan.

Tahun ini, Shopee melihat tren menarik pada kedua puncak kampanye, dimana pengguna semakin antusias dalam memanfaatkan fitur interaktif melalui Shopee Live di waktu sahur. Hal ini terlihat dari transaksi melalui Shopee Live di waktu sahur yang meningkat hingga 44 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan waktu yang sama di hari biasa.

Baca Juga

Monica Vionna, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia menyampaikan, interaksi yang dapat dinikmati oleh pengguna melalui berbagai fitur seperti, Shopee Live hingga Shopee Video masih menjadi daya tarik utama dalam perjalanan belanja online pengguna pada Ramadan tahun ini. "Kami senang sekali melihat berbagai bentuk antusiasme pengguna pada kampanye Shopee Big Ramadan Sale, antara lain animo tinggi yang terlihat dari bagaimana para pembeli memanfaatkan promo dan menikmati keseruan Flash Sale pada jam-jam tertentu, hingga kolaborasi antara para pelaku usaha dalam mengoptimalkan fitur serta program guna menciptakan pengaruh signifikan selama kampanye Big Ramadan Sale berlangsung,” ujarnya. 

Fitur interaktif Big Ramadan Sale temani keseruan segala aktivitas di bulan suci

Menjadi kampanye yang selalu dinantikan, Shopee terus berupaya untuk memberikan dorongan bagi seluruh pengguna baik pembeli maupun penjual. Di tahun ini, pengguna kerap memanfaatkan fitur interaktif, salah satunya yang banyak menarik minat pengguna, Shopee Live. Berbagai keseruan yang dimanfaatkan antara lain, mendapatkan keuntungan melalui promo besar yang dihadirkan, menonton konten yang menemani waktu ngabuburit, seperti MARKAS hingga mengikuti sesi Flash Sale Mobil & Motor Rp 1.

Bersama promo dan kemeriahan fitur interaktif yang telah Shopee hadirkan di kampanye Big Ramadan Sale, masyarakat semakin memanfaatkan keuntungan ini dalam menciptakan momen indah Ramadan. Shopee menemukan bahwa pengguna menghabiskan 68 juta jam untuk menonton rangkaian tayangan di Shopee Live sepanjang periode kampanye berlangsung, termasuk sesi live shopping dari para penjual. Barang-barang yang identik dengan momen Ramadan menjadi produk yang banyak dicari oleh pengguna pada fitur interaktif ini, dimana sarung, cepol hijab, biskuit kaleng, dan makeup cushion menjadi produk favorit pengguna di Shopee Live pada puncak kampanye Big Ramadan Sale.

photo
Sarung, cepol hijab, biskuit kaleng dan makeup cushion menjadi produk favorit pengguna di Shopee Live pada puncak kampanye. - (Dok istimewa)

Untuk semakin meningkatkan pengalaman belanja online, pengguna juga memanfaatkan fitur lainnya yang telah Shopee persiapkan, mulai dari Shopee Live, Shopee Video, hingga Shopee Games untuk mengisi waktu luang saat berpuasa. Keseruan dari inovasi dan fitur yang dihadirkan ini juga mendapatkan respon luar biasa dan turut dimanfaatkan oleh pengguna untuk semakin memaksimalkan dan meramaikan momen belanja mereka, diantaranya:

- Kemeriahan rangkaian sesi flash sale di Shopee Live bersama deretan artis ternama pada puncak kampanye Big Ramadan Sale ikut ditonton sebanyak 228 juta kali.

- Shopee Tanam Hujan Rezeki sebagai in-app game favorit pengguna yang memberikan hadiah berupa Koin Shopee dan Voucher Diskon untuk pengguna berbelanja, kembali mendapatkan antusiasme yang tinggi sepanjang kampanye berlangsung dan lebih dari 31 juta pohon THR telah dipanen oleh para pengguna.

Mendukung dan membuka peluang bisnis lebih besar dengan fitur interaktif

Salah satu dampak positif dan signifikan yang dirasakan oleh penjual tidak hanya berasal dari tingginya aktivitas belanja di momen Lebaran, tetapi juga bagaimana upaya dalam mengoptimalkan  fitur dan program yang ditawarkan pada kampanye tahun ini semakin menarik animo belanja pengguna. Dengan kemudahan akses yang ditawarkan, ditambah dengan promo yang dihadirkan hingga tiga kali setiap harinya melalui Shopee Live, menjadikan fitur interaktif ini sebagai strategi utama bagi para penjual di bulan Ramadan ini. 

Shopee mencatatkan adanya peningkatan produk yang dipromosikan melalui Shopee Live lebih dari 5 kali lipat di sepanjang kampanye dibandingkan tahun lalu. Keunggulan fitur interaktif dan inovasi program di Big Ramadan Sale kali ini juga terlihat dalam berbagai aspek lainnya, salah satunya di Shopee Video. Tidak hanya melalui sesi interaktif di Shopee Live, namun konten menarik dari penjual di Shopee Video juga diminati oleh para pengguna. Hal ini terlihat dari pesanan yang didapatkan penjual melalui Shopee Video meningkat 40 kali lipat pada puncak kampanye  dibandingkan tahun sebelumnya. 

Salah satu bukti dampak dari keunggulan dan kemudahan belanja interaktif selama kampanye Big Ramadan Sale yang dirasakan oleh para pengguna turut mendorong peningkatan signifikan bagi mitra brand lokal. Mereka merasakan antusiasme yang luar biasa dari pengguna saat memanfaatkan promo spesial dan fitur interaktif selama masa kampanye, khususnya bagi M231. Brand fashion asal Indonesia ini berhasil mencatatkan peningkatan transaksi di Shopee Live hingga 40 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan hari biasa, salah satunya untuk penjualan koleksi kolaborasi Ramadan terbaru mereka.

“Hadirnya kampanye Big Ramadan Sale 2024 menjadi upaya kami untuk selalu membawa beragam kemudahan dalam berbelanja untuk memenuhi kebutuhan di sepanjang Ramadan. Rangkaian fitur interaktif dan promo menarik, kami dedikasikan untuk menemani para pengguna dan pelaku usaha lokal dalam berkreasi menjalani berbagai rutinitas sambil menikmati beragam keberkahan selama di bulan suci. Tentunya, pencapaian luar biasa ini tak terlepas dari dukungan dan sinergi dari seluruh ekosistem Shopee yang terus berinovasi menciptakan dampak positif yang luas. Semoga kampanye ini dapat terus memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam mempersiapkan ragam kebutuhan menyambut Hari Raya Idul Fitri,” ujar Monica.

Kemeriahan Shopee Big Ramadan Sale 2024 dalam menyambut Hari Kemenangan tidak akan berhenti sampai disini saja dan masih bisa dinikmati hingga 11 April nanti, untuk membantu pengguna yang masih memiliki kebutuhan yang belum terpenuhi dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri yang akan segera tiba. Hari puncak kampanye Big Ramadan Sale 2024 juga masih akan berlangsung kembali di tanggal 4 April 2024 dengan penawaran yang tidak kalah menarik, seperti Shopee Barokah THR 10M, Gratis Ongkir Rp0, dan Termurah di Shopee Ekstra Voucher 50%.

Big Ramadan Sale 2024 bisa disimak lebih lanjut di https://shopee.co.id/m/big-ramadan-sale. Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement