Rabu 26 Oct 2022 08:24 WIB

Puluhan Kapal Pengangkut LNG Menunggu Pembeli di Lepas Pantai Eropa

Saat ini permintaan bahan bakar fosil sangat tinggi di benua Eropa.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Kapal LNG (liquified natural gas).
Foto: Business Wire
Kapal LNG (liquified natural gas).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tanker besar sedang menunggu. Di lepas pantai Spanyol, Portugal, Inggris, dan negara-negara Eropa lainnya terletak puluhan kapal raksasa yang penuh dengan gas alam cair (LNG). 

Saat ini permintaan bahan bakar fosil sangat tinggi di benua Eropa. Namun kapal-kapal tetap di laut dengan muatan berharga mereka.

Baca Juga

Setelah menginvasi Ukraina pada Februari, Rusia membatasi pasokan gas ke Eropa, memicu krisis energi yang membuat harga gas melonjak. Hal itu menyebabkan ketakutan akan kekurangan energi dan tagihan yang menggiurkan bagi konsumen.

"Ini dibangun selama sekitar, saya akan mengatakan, lima sampai enam minggu," kata Augustin Prate, wakil presiden pasar energi dan komoditas di Kayrros seperti dilansir dari laman BBC, Rabu (26/10/2022).

Dia dan rekannya melacak kapal melalui sinyal AIS (Sistem Identifikasi Otomatis), yang disiarkan oleh kapal ke penerima, termasuk satelit. "Jelas itu cerita besar," katanya.

Jadi mengapa kapal bermuatan LNG hanya berkeliaran di Eropa, tepatnya? Jawabannya, seperti yang sudah Anda duga, sedikit rumit.

Orang lain yang telah menyaksikan akumulasi kapal adalah Fraser Carson, seorang analis riset di Wood Mackenzie. Bulan ini, dia menghitung 268 kapal LNG di atas air di seluruh dunia - terlihat di atas rata-rata satu tahun 241. Dari yang saat ini berada di laut, 51 berada di sekitar Eropa.

Dia menjelaskan negara-negara Eropa terjun ke dalam pembelian gas selama musim panas yang bertujuan untuk mengisi tangki penyimpanan darat dengan gas. Hal ini untuk memastikan bahwa tumpukan bahan bakar akan tersedia untuk menutupi kebutuhan energi musim dingin ini.

Target awal untuk mengisi fasilitas penyimpanan hingga 80 persen dari total kapasitas mereka pada 1 November. Adapun target itu telah terpenuhi, dan terlampaui, jauh lebih cepat dari jadwal. Data terbaru menunjukkan penyimpanan sekarang hampir 95 persen secara total.

LNG yang diimpor telah memainkan peran kunci dalam membawa Eropa ke titik ini. Tetapi karena LNG terus dibawa ke darat, permintaan untuk fasilitas yang memanaskan cairan dan mengubahnya kembali menjadi gas tetap tinggi. Tak banyak pabrik seperti itu di Eropa, sebagian karena benua tersebut telah lama mengandalkan gas yang dikirim melalui pipa dari Rusia.

Jadi itulah salah satu alasan mengapa kapal LNG menunggu - ada yang mengantri untuk akses ke terminal regasifikasi. Sementara itu, Jerman dan Belanda telah berinvestasi pada fasilitas regasifikasi baru. Beberapa, yang dibangun dengan cepat menggunakan kapal LNG yang dikonversi yang disematkan ke dermaga, diharapkan dapat beroperasi dalam beberapa bulan.

Di atas kemacetan ini, lebih sedikit gas yang digunakan di Eropa daripada yang mungkin terjadi saat ini karena cuaca sangat cerah hingga Oktober. Ditambah lagi, seperti yang dicatat oleh Antoine Halff, salah satu pendiri Kayrros, aktivitas industri yang mengandalkan gas telah santai. Ini adalah sesuatu yang dia dan rekan-rekannya lacak dengan menjelajahi citra satelit pabrik.

"Ada penurunan yang sangat dramatis dalam produksi semen dan baja di Eropa. Itu semua berarti bahwa situasi pasar yang disebut contango telah muncul untuk LNG,” kata Mr Carson.

Artinya, ketika harga suatu komoditas masa depan lebih tinggi dari harga saat ini. "Anda akan mendapatkan harga yang lebih tinggi pengiriman pada bulan Januari dibandingkan pada November," ucapnya.

Michelle Wiese Bockmann, editor pasar dan analis jurnal pengiriman Lloyd's List, mengatakan hanya dengan menunggu pengiriman pada Desember daripada November, perbedaan keuntungan bisa mencapai puluhan juta dolar per pengiriman.

Meskipun ada kemungkinan bahwa pembeli di tempat lain di dunia dapat mengambil kargo dari beberapa kapal yang menunggu, yang berarti mereka mungkin pergi dan menuju ke Asia, misalnya, mungkin menguntungkan Eropa untuk memiliki banyak LNG yang benar-benar mengambang.

Beberapa pengamat mengatakan membiarkan kapal menunggu adalah hal yang baik - Anda ingin gas tersedia saat Anda membutuhkannya. Satu-satunya kunci pas dalam pekerjaan adalah jumlah serius yang terlibat. Permintaan gas yang meningkat berarti bahwa negara-negara telah membayar jumlah yang luar biasa untuk mengamankannya.

Jerman menghabiskan 49,5 miliar euro (43,25 miliar euro) impor antara Januari dan Agustus, menurut kantor berita Reuters. Itu dibandingkan dengan 17,1 miliar euro selama periode yang sama pada 2021.

Ini adalah kekuatan pasar yang bekerja, kata Ms Bockmann. Tetapi dia menekankan bahwa negara-negara Eropa dalam posisi terbaik yang mereka bisa [di], mengingat situasi geopolitik.

Mr Carson setuju, menambahkan dalam hal apa yang sebenarnya dapat dilakukan saat ini, pasar telah merespon dengan tepat.

Pertanyaan sebenarnya adalah apa yang terjadi selanjutnya. Dengan gas yang diamankan setidaknya beberapa minggu mendatang, harga komoditas di Eropa mulai turun.

Benchmark harga gas di Eropa telah turun drastis sejak Agustus, tetapi masih lebih dari dua kali lipat harga tahun lalu. Namun, gangguan lebih lanjut pada pasokan dan bulan-bulan musim dingin yang sangat dingin berpotensi mengubah gambaran lagi.

Ada juga situasi global yang perlu dipertimbangkan. Tingginya permintaan impor LNG di Eropa telah mendorong persaingan gas di seluruh dunia. Negara-negara seperti Pakistan dan Bangladesh yang bergantung pada LNG, tetapi memiliki pengaruh keuangan yang lebih kecil di pasar, telah tersengat oleh situasi saat ini.

Secara umum, beberapa LNG yang mungkin secara tradisional masuk ke Asia tahun ini telah berlayar ke Eropa. Ini secara efektif telah menjadi permainan besar kursi musik.

Tetapi beberapa negara Asia, terutama China, Jepang dan Korea Selatan, yang juga menggunakan banyak LNG, kemungkinan akan mencari impor yang signifikan bulan-bulan yang lebih dingin, yang berpotensi memicu persaingan antar benua.

Bagi Corey Grindal, chief operating officer dan kepala perdagangan dunia di produsen LNG Cheniere, apa yang terjadi di pasar LNG adalah fenomena jangka pendek.

Diversifikasi pasokan energi di Eropa akan memudahkan hal-hal tahun-tahun mendatang. Dia menambahkan sebagian besar produksi LNG perusahaannya tahun ini telah terjual dan produksi Cheniere akan meningkat dari 45 juta ton menjadi 55 juta ton pada sekitar 2026.

Keuntungan saat ini atas gas telah mengkhawatirkan beberapa orang yang berpendapat bahwa beralih ke energi terbarukan akan lebih baik untuk planet ini dan mungkin lebih dapat diandalkan. "Penyebaran terbarukan sangat bagus. Apa yang terjadi besok tergantung, dalam berbagai tingkat, pada perang di Ukraina, cuaca, munculnya energi terbarukan, permintaan global terhadap gas dan ratusan kapal penuh LNG yang berlayar ke timur atau barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement