Jumat 14 Oct 2022 09:16 WIB

Pupuk Kaltim Genjot Produktivitas Pertanian Ponorogo Lewat Agrosolution

Agrosolution jadi langkah perseroan meningkatkan peran dalam jaga ketahanan pangan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) meningkatkan pemahaman petani dalam mendorong produktivitas lahan pertanian.
Foto:

"Jadi dengan penggunaan Biodex, kompos yang telah jadi nantinya akan bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kesuburan tanah, karena adanya peningkatan ketersediaan C-organik dalam tanah," ucap Supriyadi.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko berharap melalui pendampingan program Agrosolution hasil komoditas kacang tanah Ponorogo, khususnya di Desa Bringinan dapat meningkat signifikan, menyusul kenaikan produktivitas jagung yang telah terbukti pada program sebelumnya. Sugiri mengatakan Pemkab Ponorogo juga memberi dukungan melalui program Ponorogo Mandiri Benih dalam menghadirkan bibit jagung berkualitas melalui sinergi multipihak. Varietas jagung hasil produksi tersebut nantinya akan diberi nama Reog234, sebagai bibit unggul jagung hibrida asli Ponorogo dengan beragam keunggulan. Salah satunya dari sisi kualitas, dengan produktivitas dan hasil panen yang sesuai harapan petani.

"Jadi ke depan diharap tidak ada lagi kekhawatiran petani, ketika semua pihak bersatu mendorong kapasitas pertanian secara terintegrasi. Ada pinjaman, asuransi gagal panen dan Pupuk Kaltim yang membantu dengan programnya," ujar Sugiri.

Kepala Desa Bringinan, Barno, pun antusias pendampingan program Agrosolution yang dilakukan Pupuk Kaltim, mengingat lahan pertanian masyarakat yang cocok ditanami kacang tanah sebagai komoditas andalan. Dirinya berharap program ini akan turut mendongkrak hasil pertanian masyarakat sehingga berdampak kepada kesejahteraan petani.

 

"Kami sangat menyambut baik program Agrosolution Pupuk Kaltim, yang diharap dapat meningkatkan perekonomian para petani. Kacang menjadi komoditas utama Desa Bringinan, mengingat dari segi geografis juga mendukung untuk ditanami," ucap Barno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement