Kamis 29 Sep 2022 11:05 WIB

Pasar Properti Inggris Bakal Hadapi Badai Akibat Bunga Kredit Naik

Beberapa lembaga keuangan untuk sementara berhenti menyediakan kredit ke nasabah baru

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Lansekap kota London, Inggris (ilustrasi)
Foto:

Sebuah studi Fitch Ratings pada bulan Juli mengidentifikasi Inggris sebagai salah satu yang paling terbuka secara global terhadap kenaikan biaya pinjaman karena tingkat utang terhadap pendapatan yang relatif tinggi yang diterima oleh pemilik rumah dan proporsi pinjaman yang tinggi dengan suku bunga mengambang.

Bahkan di antara mereka yang telah memperbaiki tingkat pembayaran mereka. Sekitar 1,3 juta peminjam akan mencapai akhir jangka waktu tingkat bunga tetap mereka tahun ini, menurut sebuah analisis oleh UK Finance and Accenture yang diterbitkan sebelum tingkat terbaru naik.

Di mana, tingkat pembayaran akhirnya menetap tergantung pada pergeseran di pasar utang ditambah biaya keseluruhan pinjaman yang ditetapkan oleh Bank of England - dengan pasar uang sekarang mengharapkan untuk mencapai hampir 5,75 persen pada pertengahan tahun depan dari 2,25 persen sekarang.

"Pandangan investor yang saya ajak bicara selama beberapa hari terakhir adalah bahwa secara efektif bank-bank Inggris mengatakan tidak ada buku depan pada tingkat ini," kata John Cronin, kepala keuangan di pialang saham Goodbody.

Di luar tekanan langsung yang akan terjadi pada kemampuan konsumen untuk berbelanja, kenaikan biaya pinjaman juga memiliki potensi untuk mengirim reli pasar rumah selama bertahun-tahun menjadi terbalik. Analis HSBC memperkirakan harga rumah turun 7,5 persen hingga tahun depan.

Cronin dari Goodbody mencatat, pada masa-masa biasa, suku bunga yang lebih tinggi memberikan keuntungan yang lebih baik dari pinjaman. Dan, biasanya positif untuk keuntungan sektor bank. Namun, sampai suatu titik, akan ada risiko pinjaman awal tidak dapat dilunasi.

"Pada tingkat tertentu yang akan membayangi kenaikan pendapatan. Saya pikir kita sekarang berada pada tahap di mana orang-orang menanyakan pertanyaan itu," kata Cronin.

Beberapa pemberi pinjaman kredit properti terkemuka menyerukan ketenangan. Mereka menekankan masih mengikuti kesepakatan kredit dan mundurnya pinjaman di antara persaingan yang lebih kecil sama sekali tidak menunjukkan eksodus pemberi pinjaman yang lebih luas dari pasar kredit di Inggris. 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement