Ahad 18 Sep 2022 20:53 WIB

Punya Uang Rusak? Ini Syarat untuk Dapat Penggantian dari BI

Tidak semua uang rusak akan diganti oleh BI.

Petugas Bank Indonesia Solo memeriksa uang milik Samin yang rusak akibat dimakan rayap di Kantor Bank Indonesia, Solo, Jawa Tengah, Selasa (13/9/2022). BI tidak dapat mengganti semua uang yang rusak.
Foto:

Hifdzi berharap pelatihan tersebut bisa mendorong komunitas-komunitas nelayan dan pelaku UMKM di Muara Angke agar mampu berinovasi untuk menaikkan kelas ikan-ikan yang dihasilkan di pesisir Jakarta Utara di mata konsumen nasional. Ketua Panitia Jakarta Maritim Fest, Noval Abudzarr, mengatakan kegiatan itu juga bertujuan untuk membangkitkan perekonomian warga pesisir Jakarta pasca pandemi Covid-19.

Salah seorang pelaku usaha di pelelangan ikan Muara Angke Mutmainah mengatakan bahan baku ikan yang digunakan saat pelatihan adalah ikan kurisi atau ikan yang hidupnya di laut paling dasar dan mudah ditangkap nelayan, sehingga harga per satuan ekor di pasar kurang menjual.

"Daging ikan itu biasanya dikumpulkan dalam skala industri yang saya tahu di Surabaya, untuk digiling menjadi surimi. Bentuknya kayak agar-agar begitu," kata Mutmainah.

Melalui diversifikasi produk, setengah kilogram ikan kurisi yang ditangkap nelayan bisa menjadi tiga kemasan produk olahan ikan berharga antara Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu per kemasan. "Jadi lebih tinggi nilai penjualannya," kata Mutmainah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement