Rabu 16 Mar 2022 17:29 WIB

Analisis Deloitte Sebut Bitcoin Punya Potensi Ciptakan Ekosistem CBDC Lebih Murah, Cepat, Aman!

Sebuah studi baru dari raksasa jasa keuangan Deloitte menyoroti potensi Bitcoin (BTC) sebagai basis untuk CBDC yang murah, cepat dan aman.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Aset kripto (Kliring Berjangka Indonesia)
Aset kripto (Kliring Berjangka Indonesia)

Sebuah studi baru dari raksasa jasa keuangan Deloitte menyoroti potensi Bitcoin (BTC) sebagai basis untuk menciptakan ekosistem yang lebih murah, lebih cepat dan lebih aman untuk fiat elektronik atau mata uang digital bank sentral (CBDC).

Analisis Deloitte, "Cryptocurrency yang Disponsori Negara," menunjukkan perlunya desain ulang lengkap ekosistem fiat tradisional untuk mengatasi masalah yang akan datang sebagai lambat, rawan kesalahan dan mahal relatif terhadap kinerja di industri teknologi tinggi lainnya.

Baca Juga: Walau Terombang-ambing, BTC Tetap Stabil di $39.000 Hingga Penutupan Wall Street Kemarin

Melansir dari Cointelegraph, Rabu (16/03) namun, laporan tersebut menunjukkan lima bidang utama di mana Bitcoin dapat membantu mata uang fiat tradisional meningkat secara drastis mulai dari kecepatan, keamanan, efisiensi, pembayaran lintas batas dan kolaborasi dengan peserta pembayaran lainnya.

"Dengan potensi untuk melakukannya tanpa kebutuhan operasional sehari-hari untuk organisasi terpusat, baik komersial atau federal, hasilnya benar-benar bisa transformasional," ujarnya.

Sementara menyatakan berbagai perbedaan antara BTC dan CBDC yang dikeluarkan negara, analisis Deloitte menegaskan kembali salah satu sifat inflasi utama mata uang fiat, yang menyatakan bahwa CBDC tidak memiliki batasan pada pasokan uang yang terkandung pada buku besar dan bahwa pemerintah terpusat dapat menentukan nilai CBDC.

Menurut analisis, pemerintah pertama yang meluncurkan CBDC nasional akan memiliki keuntungan awal dalam mempengaruhi penggunaan mata uang lokal mereka di pasar dan perdagangan internasional.

Baca Juga: Buat Keputusan Melarang ATM BTC, FCA: Tutup Atau Hadapi Tindakan Lebih Lanjut

Dalam lingkungan CBDC, Deloitte membayangkan pertukaran kripto mempertahankan posisi mereka saat ini sebagai fasilitator yang digunakan untuk mengubah "cryptocurrency pengguna menjadi mata uang kertas ketika bertransaksi di berbagai mata uang dan membebankan biaya pertukaran sebagai imbalannya."

Dalam skenario seperti itu, bank akan bertindak sebagai kustodian buku besar terdistribusi dan akan bersaing dengan penambang lain untuk memproses transaksi dan mengumpulkan imbalan atau biaya.

Pada catatan akhir, analisis menyatakan bahwa sementara CBDC tidak akan berfungsi sebagai pengganti satu-ke-satu untuk BTC dan lainnya, pengarusutamaan CBDC akan membuka opsi tambahan bagi pengguna untuk memilih media pembayaran yang paling tepat, menyimpulkan:

Baca Juga: Pendiri Apple Steve Wozniak Yakin Seribu Yakin Harga Bitcoin Bakal Sentuh Rp1,4 M

"Bitcoin pada akhirnya bisa menelurkan serangkaian peluang baru yang akan mengubah sistem pembayaran saat ini menjadi sistem yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih murah untuk dijalankan."

Sementara banyak yurisdiksi telah bergabung dengan perlombaan untuk menerapkan CBDC in-house, salah satu faktor kunci untuk implementasinya yang sukses adalah adopsi yang meluas.

Dalam upaya ini, Perdana Menteri Jamaika Andrew Holness mengumumkan bahwa 100.000 warga Jamaika pertama yang menggunakan CBDC negara itu, Jam-Dex, akan diberikan pembayaran 16 dolar gratis dengan harapan mempromosikan adopsi yang meluas.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, sekitar 17% dari populasi Jamaika tetap tidak memiliki rekening bank, dan dengan peluncuran CBDC, pemerintah Jamaika berencana untuk mendorong warga berpenghasilan rendah dan menengah untuk bergabung dengan sistem perbankan nasional.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement