Ahad 30 Jan 2022 02:35 WIB

Rebound dari Resesi, Ekonomi AS Tumbuh 5,7 Persen

Ekonomi AS telah belajar beradaptasi dengan varian baru dan terus berproduksi.

Rep: Ali Mansur/ Red: Friska Yolandha
Seseorang memancing dilatarbelakangi Pelabuhan Aransas, Texas, Amerika Serikat. Pada 2021 ekonomi AS mengalami pertumbuhan dengan laju tercepat sejak kepresidenan Ronald Reagan.
Foto:

Selama tiga bulan terakhir tahun 2021, belanja konsumen naik pada kecepatan tahunan 3,3 persen yang lebih rendah. Tetapi investasi swasta meroket 32 persen lebih tinggi, didorong oleh lonjakan persediaan bisnis. Karena perusahaan menimbun untuk memenuhi permintaan pelanggan yang lebih tinggi. Peningkatan persediaan, pada kenyataannya, menyumbang 71 persen dari pertumbuhan kuartal keempat.

Keluar dari resesi pandemi 2020, rebound yang sehat telah diharapkan untuk tahun 2021. PDB telah menyusut 3,4 persen pada tahun 2020, penurunan setahun penuh paling tajam sejak penurunan 11,6 persen terjadi di tahun 1946. Ketika itu negara mengalami demobilisasi setelah Perang Dunia II. 

Merebaknya Covdi-19 pada Maret 2020 telah membuat pihak berwenang memerintahkan lockdown dan bisnis untuk tiba-tiba tutup atau mengurangi jam kerja. Kemudian pengusaha memangkas 22 juta pekerjaan yang mengejutkan. Akibatnya, ekonomi tenggelam ke dalam resesi yang dalam.

Tetapi tingkat suku bunga yang sangat rendah, suntikan bantuan pemerintah yang besar, termasuk cek 1.400 dolar untuk sebagian besar rumah tangga dan, akhirnya peluncuran vaksin yang meluas menghidupkan kembali perekonomian. Banyak konsumen mendapatkan kembali kepercayaan diri dan sarana keuangan untuk keluar dan berbelanja lagi.

Kebangkitan permintaan begitu kuat, pada kenyataannya, itu membuat bisnis lengah. Banyak yang berjuang untuk mendapatkan persediaan dan pekerja yang cukup untuk memenuhi peningkatan pesanan pelanggan yang cepat. Dengan banyaknya orang yang sekarang bekerja dari jarak jauh, kelangkaan menjadi sangat akut untuk barang-barang yang dipesan. Mulai dari peralatan rumah tangga, olahraga hingga peralatan elektronik. 

Juga dengan pasokan chip komputer yang sangat terbatas, dealer mobil kekurangan kendaraan. Pabrik, pelabuhan, dan galangan barang kewalahan, dan rantai pasokan menjadi terjerat. Inflasi pun mulai meningkat. Selama 12 bulan terakhir, harga konsumen melonjak 7 persen, inflasi tahun ke tahun tercepat sejak 1982. Makanan, energi, dan otomotif termasuk di antara barang-barang yang harganya paling melonjak.

 

Akhir tahun lalu, perekonomian mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Penjualan ritel, misalnya, turun 1,9 persen pada bulan Desember. menurut indeks manufaktur Institute for Supply Management, manufaktur melambat pada bulan Desember ke level terendah dalam 11 bulan.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement