Sabtu 21 Aug 2021 21:29 WIB

Harga Tiket Pesawat China-AS Naik Gila-gilaan

Tiket pesawat tujuan Amerika dibanderol mulai sekitar Rp 66 hingga ratusan juta.

Penumpang pesawat udara di bandara Amerika Serikat (ilustrasi)
Foto: VOA/Reuters
Penumpang pesawat udara di bandara Amerika Serikat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Permintaan pelayanan penerbangan komersial dari China menuju Amerika Serikat meningkat tajam. Hal ini pun memicu kenaikan harga tiket secara tidak rasional.

Pesawat carter juga menjadi pilihan seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna penerbangan ke AS setelah AS itu melonggarkan pembatasan para pelajar internasional. Dear Jet yang berada di bawah naungan Hainan Airlines Group meluncurkan program "Kembali ke Sekolah AS" yang berangkat dari Beijing menuju New York, Seattle, Boston, dan Los Angeles dengan tiket paling murah seharga 160.000 yuan (Rp 354,4 juta) per orang.

Baca Juga

Sementara itu, iFlyPlus, platform penjualan tiket pesawat carter China, menawarkan tiket penerbangan transit ke AS seharga 30.000 yuan (Rp 66,4 juta) untuk kelas ekonomi dan 100.000 yuan (Rp 221,5 juta) untuk kelas bisnis. Untuk penerbangan langsung dengan menggunakan pesawat carter 14 kursi dari Shanghai ke Los Angeles, iFlyPlus menawarkan seharga 1,4 juta yuan (Rp 3,1 miliar).

"Saya tidak perlu antre di bandara atau berbagi pesawat dengan orang lain. Jadi, jet pribadi memberikan pelayanan melampaui pelayanan kelas bisnis. Ini pilihan terbaik bagi pelajar China yang hendak kembali ke AS di tengah pandemi," kata seorang penumpang bermarga Zhang dikutip Waijiao.

Data iFlyPlus menunjukkan adanya peningkatan sebesar 133 persen untuk penerbangan carter dari Shanghai ke New York pada kuartal tahun ini dibandingkan kuartal sebelumnya. Untuk penerbangan dari Shenzhen ke London juga naik 89 persen selama periode itu. Peningkatan penerbangan dari China ke AS dan Eropa sangat tinggi karena semester baru akan dimulai pada akhir Agustus ini.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement