Kamis 15 Jul 2021 21:46 WIB

CSR BUMN Bukan Hanya Sekadar Donasi

Untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan perlu kolaborasi

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan piagam penghargaan CSR (Corporate Social Responsibility) kepada salah satu perusahaan BUMN saat Forum CSR Provinsi Jawa Barat, (ilustrasi). Arya Dwi Paramita, Vice President CSR and SMEPP Management PT Pertamina (Persero), mengatakan regulasi baru mengajak semua untuk memahami bagaimana CSR tidak hanya sekadar donasi dan community development.
Foto:

Agus Yuswanta, Vice President CSR PLN, mengatakan PLN merespon Permen TJSL dengan membentuk organisasi agar Permen bisa diimplementasi. “CSR biasanya hanya dikenal dengan CID, namun saat ini sudah tidak lagi. Bagaimana kami merencanakan program CSR, tentunya kita harus mengetahui isu-isu yang berkembang, lalu memetakan stakeolder siapa saja yang terlibat lalu mengintegrasikan dalam SDGs,” ungkap Agus.

Abdullah Umar, SVP Corporate Secretary PT Timah Tbk, mengatakan perubahan kebijakan TJSL lebih ke bagaimana melihat pencapaian yang sifatnya program kemitraan, melihat bagaimana pencapaian dampak berkelanjutan.

 

“Kita harus bisa menterjaemahkan menjadi program yang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Timah sebagai perusahaan tambang itu pada saat eksplorasi membangun tempat baru kemudian buat peradaban baru dan bagaimana berikan manfaat bagi lingkungan,” kata Abdullah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement