Rabu 12 May 2021 16:52 WIB

Budidaya Laut Natuna Jadi Idola Ekspor saat Pandemi

Selain udang, ikan kerapu juga menjadi salah satu komoditas andalan ekspor.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Udang (ilustrasi). Selain udang, ikan kerapu juga menjadi salah satu komoditas andalan ekspor
Foto:

Selain itu, lanjut Slamet, dengan meningkatnya kinerja ekspor, tentunya secara bersamaan akan menaikkan devisa negara.  Untuk itu, KKP terus berupaya menggenjot ekspor untuk komoditas unggulan budidaya, termasuk ikan kerapu. Sebagai sektor strategis berbasis pangan, Slamet menyebut akuakultur harus mampu berkontribusi lebih besar mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Kata Slamet, KKP terus berupaya melakukan pengembangan budidaya di kawasan-kawasan potensial guna menggenjot produksi perikanan budidaya. Salah satunya di Kabupaten Natuna merupakan kabupaten yang memiliki potensi budidaya ikan laut dan posisinya dekat dengan Hong Kong maka akan meningkatkan kinerja ekspor, tentunya secara bersamaan akan menaikkan devisa negara di tengah menurunnya pendapatan negara dari ekspor sekarang ini. 

"Tahun ini meskipun pandemi belum berakhir, Kabupaten Natuna dapat terus memenuhi permintaan ekspor ikan laut hasil budidaya ke Hongkong. Hingga April, selama 2021 telah melakukan aktivitas ekspor ikan laut sebanyak empat kali dengan total mencapai kurang lebih 50,8 ton. Harapannya, bukan hanya di Natuna saja tapi daerah lain pun sama," ungkap Slamet.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, Zakimin Yusuf, menambahkan budidaya kerapu selain menambah pendapatan juga dapat menggerakkan roda ekonomi masyarakat Natuna. Seperti di Kecamatan Bunguran Barat dan Pulau Tiga sebagai sentra budidaya kerapu. Kegiatan inilah yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat disana. 

Zakimin mengatakan arahan Dirjen Perikanan Budidaya meminta dan mengkaji pusat perbenihan ikan laut yang harus ada di Natuna dan apa yang diinginkan pemerintah pusat disambut baik pemerintah Kabupaten Natuna agar aktivitas ekspor ikan laut hasil budidaya dapat terus berkelanjutan. Selain itu tetap harus memperhatikan protokol atau Standar Operasional Prosedur Pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan. 

 

"Aktivitas ekspor ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir Kabupaten Natuna di tengah pandemi ini, apalagi sebentar lagi menjelang Hari Raya Idul Fitri, tentu ini momen sangat pas sekali," ungkap Zakimin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement