Jumat 07 May 2021 15:22 WIB

Kinerja Ekonomi China, AS, Indonesia: Siapa Paling Moncer?

Ekonomi China dan Amerika tumbuh signifikan dan menjadi mesin ekonomi global

Pertumbuhan ekonomi kuartal I 2021: Ekonomi China dan Amerika Serikat masih memimpin laju pemulihan ekonomi global
Foto:

Ekonomi AS Tumbuh 6,4 Persen

Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat mencapai 6,4 persen secara tahunan pada kuartal I 2021. Angka ini lebih tinggi dari proyeksi sejumlah ekonom.

Dilansir CNN Business, pertumbuhan ekonomi Amerika kuartal I 2021 membaik jika dibandingkan kuartal sebelumnya yakni 4,3 persen.

Di luar lonjakan pertumbuhan pada kuartal III 2020, kenaikan kuartal I 2021 merupakan yang terbesar sejak kuartal III 2003.

Ukuran tersebut menunjukkan seberapa cepat ekonomi akan berkembang jika tingkat pertumbuhan berlanjut selama satu tahun penuh. 

Dibandingkan dengan kuartal IV 2020, PDB naik 1,6 persen setelah melaju 1,6 persen pada tiga bulan sebelumnya.

Setelah kontraksi yang menghancurkan ekonomi AS pada tahun lalu, perlahan ekonomi mulai pulih. Pertumbuhan PDB mulai merajalela tercermin dari aktivitas ekonomi AS yang semakin menggeliat.

Namun, pembukaan kembali bisnis dan peningkatan pengeluaran juga mendorong harga lebih tinggi. Departemen Perdagangan mencatat inflasi melonjak 3,5 persen pada periode Januari-Maret.

Angka ini melonjak jika dibandingkan dengan kenaikan 1,5 persen pada kuartal sebelumnya. Bahkan kenaikan ini tidak termasuk harga makanan dan energi yang lebih tidak stabil. 

Indeks harga untuk pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) naik 2,3 persen, melampaui target 2 persen dari Federal Reserve.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement