Rabu 27 Jan 2021 22:59 WIB

Pemerintah Gandeng AFTECH Kembangkan Ekonomi Digital

Kerja sama Pemerintah dan Aftech bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin (kanan) mengatakan UMKM menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Ia berharap penandatanganan kerja sama Pengembangan Ekonomi Digital Nasional melalui Pemanfaatan Layanan Keuangan Digital bisa majukan UMKM
Foto:

Wakil Ketua Umum AFTECH, Budi Gandasoebrata mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung digitalisasi UMKM melalui inovasi dan teknologi layanan keuangan digital, seperti pembayaran digital, pinjaman online, aggregator, innovative credit scoring, perencana keuangan, insurtech, e-KYC, dan pembiayaan proyek (project financing).

"AFTECH mendukung program Kemenko Perekonomian RI dalam pengembangan ekonomi digital melalui pemanfaatan layanan serta peningkatan literasi keuangan digital," ujar Budi.

 

Budi berharap, digitalisasi yang meningkatkan akses terhadap berbagai layanan keuangan serta korelasi dengan ekosistem ekonomi digital dapat membantu UMKM bertahan dan bertumbuh pada saat ini. Menurutnya, kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi akan signifikan mengingat lebih dari 97 persen tenaga kerja Indonesia dipekerjakan di UMKM dan lebih dari 60 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dihasilkan dari segmen tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement