Rabu 27 Jan 2021 22:59 WIB

Pemerintah Gandeng AFTECH Kembangkan Ekonomi Digital

Kerja sama Pemerintah dan Aftech bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin (kanan) mengatakan UMKM menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19. Ia berharap penandatanganan kerja sama Pengembangan Ekonomi Digital Nasional melalui Pemanfaatan Layanan Keuangan Digital bisa majukan UMKM
Foto:

Padahal, lanjut Rudy, mengingat jumlah penduduk yang besar, tingkat kepemilikan smartphone serta penetrasi internet yang tinggi, Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang besar. Potensi ini secara pararel dapat turut mendorong produktivitas UMKM termasuk di masa pandemi ini.

Rudy melihat perkembangan ekonomi digital memberikan tantangan tersendiri terhadap UMKM, yang merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital, baik dalam memasarkan produknya maupun untuk kegiatan-kegiatan lainnya. 

"Selain itu juga keterbatasan infrastruktur dan tenaga kerja yang kurang terampil masih menjadi kendala bagi perkembangan ekonomi digital nasional Rudy," jelas Rudy.

Rudy menyatakan salah satu tantangan digitalisasi UMKM di Indonesia adalah rendahnya tingkat literasi digital, literasi keuangan, dan literasi keuangan digital. Kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri digital diharapkan dapat mengatasi tantangan-tantangan di atas serta mendorong perkembangan ekonomi digital serta kinerja UMKM nasional yang lebih baik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement