Rabu 08 May 2024 13:07 WIB

Tinjau Pasar Baru, Jokowi Pastikan Harga Pangan Menurun

Jokowi memastikan pasokan beras di Bulog lebih banyak dari biasanya

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Presiden Joko Widodo. Jokowi memastikan harga sejumlah bahan pangan mengalami penurunan.
Foto: Setpres RI
Presiden Joko Widodo. Jokowi memastikan harga sejumlah bahan pangan mengalami penurunan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Baru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat untuk meninjau stok dan harga sejumlah bahan pangan. Usai peninjauan, Jokowi memastikan harga sejumlah bahan pangan mengalami penurunan.

Seperti harga bawang merah yang kini Rp 45 ribu per kilogram, bawang putih Rp 38 ribu- Rp 40 ribu per kilogram, dan beras Rp 12 ribu- Rp 13 ribu.

"Saya kira harganya baik. Ya artinya dari angka inflasi juga akan turun kan di bulan yang kemarin," kata Jokowi di Pasar Baru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2024).

Begitu juga dengan stok beras menjelang musim kemarau. Jokowi menyebut stok beras di Bulog saat ini sebanyak 1,6 juta ton. Jumlah pasokan beras saat ini disebutnya lebih banyak dari sebelumnya.

 

"Kalau stok di Bulog sendiri sekarang ada 1,6 juta (ton) yang biasanya kita stok itu hanya maksimal biasanya hanya 1,2 (juta ton) atau yang sering itu di bawah 1,2 (juta ton). 900 ribu rata-rata stok kita itu. Ini 1,6 stok di bulog. Coba dicek di Bulog 1,6," ujar Jokowi.

Jokowi pun memastikan pasokan beras saat ini masih baik. Pemerintah, kata dia, telah melakukan antisipasi dampak musim kemarau dengan membangun sumur pompa di lokasi yang mengalami kekurangan air.

"Tapi apa pun kemarau ini kita telah mengantisipasi dengan membangun, membuat sumur-sumur pompa di titik-titik yang kemungkinan sudah kita hitung akan kekurangan air, terutama di titik-titik yang berkaitan dengan pertanian, dengan beras. Sudah dimulai oleh Kementerian Pertanian dan Kementerian PU," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement