Kamis 14 Jan 2021 16:00 WIB

Investasi Sektor EBTKE 2020 Capai 1,36 Miliar Dolar AS

Investasi di bidang EBTKE didominasi pembangunan PLTA.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolandha
Aktivitas pembangunan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (29/6/2020). Pembangunan Bendungan Leuwikeris yang berbatasan dengan Kabupaten Ciamis itu nantinya akan menampung  81,44 juta meter kubik air sebagai sumber irigasi lahan seluas 11.950 hektare serta dijadikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), obyek wisata dan juga konservasi air tanah. Pembangunan sudah mencapai 54 persen dengan target rampung pada 2021 mendatang. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/pras.
Foto:

Meski masih dipukul pandemi, namun Dadan optimis pada tahun ini ekonomi dunia mulai membaik. Hal ini harapannya bisa mendorong pertumbuhan investasi di sektor EBT lebih baik di tahun ini.

Ia menargetkan pada tahun ini capaian investasi bisa mencapai 2,05 miliar dolar AS lebih besar dari target 2020. Salah satu pendukung target investasi ini adalah beberapa proyek pembangunan PLTP yang mestinya selesai pada tahun lalu diharapkan bisa selesai pada tahun ini sehingga bisa menyerap investasi lebih besar.

Peningkatan investasi di tahun ini diharapkan juga sejalan dengan penambahan kapasitas pembangkit listrik sebanyak 906 MW. Pada tahun ini, diharapkan investasi di sektor panas bumi bisa banyak terealisasi sebesar 730 juta dolar AS dan di sektor pembangkit EBT lain sebesar 1,2 miliar dolar AS.

 

"Harapannya tahun ini dengan pemulihan ekonomi baik di global maupun dalam negeri bisa mengembalikan geliat investasi," ujar Dadan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement