Senin 07 Dec 2020 18:59 WIB

30 Pelaku UMKM Lanjutkan Pelatihan Usaha Digital Sampoerna

Selanjutnya, para pelaku UMKM terpilih mengikuti pelatihan digital lebih intensif.

Sebanyak 30 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) terpilih untuk mengikuti lanjutan rangkaian Pelatihan dan Kejuaraan Festival #SampoernaUntukUMKM secara daring hingga 11 Desember 2020 mendatang.
Foto: dokpri
Sebanyak 30 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) terpilih untuk mengikuti lanjutan rangkaian Pelatihan dan Kejuaraan Festival #SampoernaUntukUMKM secara daring hingga 11 Desember 2020 mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 30 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) terpilih untuk mengikuti lanjutan rangkaian Pelatihan dan Kejuaraan Festival #SampoernaUntukUMKM secara daring hingga 11 Desember 2020 mendatang. 

Ke-30 wirausahawan dipilih dari total 150 peserta yang mengikuti pelatihan usaha digital secara komprehensif sejak pertengahan November 2020.  Pelatihan yang digelar Sampoerna bersama Yayasan Ekspor Pengembangan Bali (BEDO) ini bertujuan mendukung upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional dengan terus meningkatkan daya saing UMKM yang merupakan kunci kemandirian ekonomi kerakyatan, utamanya di masa pandemi.

Salah satu anggota panelis juri, Triyana Iskandarsjah, dari Fakultas Ekonomi Universitas Parahyangan, mengatakan, ke-30 peserta ini dipilih berdasarkan sejumlah kriteria, termasuk kualitas proposal usahanya yang baik dan komprehensif, serta kinerja yang baik dalam mengelola usahanya secara dalam jaringan (daring). "Para peserta pelatihan telah memberikan yang terbaik dalam menyusun proposal usahanya," ujar Triyana dalam siaran persnya, Senin (7/12).

Sementara itu, Fernando Mulia, anggota panelis juri lainnya, mengatakan, ke-30 pelaku UMKM ini berasal dari berbagai kota di Indonesia. Mereka menggeluti berbagai usaha, mulai dari kuliner, kerajinan tangan, pakaian, dan lainnya. Selanjutnya, para pelaku UMKM terpilih ini akan mengikuti pelatihan digital yang lebih intensif lagi. Mereka juga akan diberikan tantangan kreatif, membuat kerangka model bisnis, membuat rencana usaha, presentasi produk dan lainnya.

Siska Hasibuan, pelaku UMKM di bidang kuliner, mengatakan bersyukur bahwa dirinya bisa lolos ke tahap 30 besar. Ia mengatakan, pelatihan bisnis yang diperoleh sejak 16 November telah membuka wawasannya, terutama dalam hal digitalisasi yang dirasa dapat sangat membantu untuk menyesuaikan bisnisnya dengan perubahan perilaku konsumen dari luring ke daring. Ia mengaku mendapat ilmu bisnis baru yang praktis dan dapat diterapkan.

"Melalui pelatihan ini, saya tak cuma belajar memperbaiki usaha, tetapi juga kualitas dan rasa percaya diri," ujar Siska.

Siska mengaku antusias mengikuti tahapan pelatihan selanjutnya secara daring. Ia berharap ilmu mengenai bisnis yang diberikan pada proses selanjutnya semakin memantapkan cita-citanya untuk mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan ruang digital. Ia mengaku bahwa dirinya termotivasi untuk melakukan hal yang terbaik karena memiliki karyawan yang menggantungkan hidup dari usahanya.

"Lolos sampai tahap ini membuat saya harus benar-benar bertanggung jawab atas ilmu yang sudah diberikan para pelatih," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement