Selasa 24 Oct 2017 13:06 WIB

Sri Mulyani Tunggu Gubernur the Fed yang Baru

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Nidia Zuraya
Sri Mulyani
Foto: Daan/Republika
Sri Mulyani

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku masih akan menunggu sosok yang terpilih menjadi Gubernur Bank Sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed) guna menentukan sikap pemerintah. Seperti diketahui, dalam waktu dekat akan dilakukan pergantian Gubernur The Fed.

"Tentu kita akan lihat siapa yang akan terpilih dan arah kebijakannya. Tapi pada dasarnya dari perekonomian AS, adanya pergerakan di sektor riil apakah dari sisi unemployment atau inflasi harga akan sangat menentukan policy dari The Fed," ujar Sri Mulyani usai menghadiri seminar dalam rangka perayaan Hari Uang ke-71 di Jakarta, Selasa (24/10).

Sri mengaku, selama ini arah kebijakan The Fed akan sangat tergantung pada data pergerakan harga dan kesempatan kerja. Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengaku,rencana pemilihan pimpinan The Fed cukup membuat pasar bergejolak.

"Kita lihat Presiden AS sedang memanggil pejabat-pejabat yang jadi alternatif untuk menjadi pimpinan The Fed. Itu banyak membuat market bergejolak," ujar Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement