Kamis 18 Feb 2016 17:47 WIB

Penentuan Batas Bunga Deposito Bank Pekan Depan

Red: Nur Aini
Menteri BUMN Rini Soemarno menyampaikan paparan kinerja BUMN 2015 di Gedung Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (19/1).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Menteri BUMN Rini Soemarno menyampaikan paparan kinerja BUMN 2015 di Gedung Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (19/1).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri BUMN Rini Soemarno mengharapkan keputusan batas atas bunga simpanan deposito milik BUMN yang disimpan di perbankan dapat ditentukan pada Senin (22/2) pekan depan.

Rini mengatakan pihaknya mendukung rencana ditetapkannya batas atas bunga deposito milik BUMN, agar biaya dana perbankan menjadi murah, dan selanjutnya perbankan dapat menurunkan suku bunga kredit ke nasabah. "Tingkatnya masih dihitung jelas. Tapi targetnya (suku bunga kredit) bisa satu digit. Rapat lagi Senin. insya allah keputusannya Senin" kata dia di Jakarta, Kamis (18/2).

Rini mengatakan, hasil keputusan mengenai batas bunga deposito itu akan berupa komitmen yang disepakati pemerintah, BUMN dan juga Bank Indonesia serta Otoritas Jasa Keuangan. "Nanti keputusannya tidak terlepas dari bunga depositonya, menghitung dari BI Ratenya juga, komitmen dari OJK. Itu nanti akan menyeluruh," kata dia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan batas atas bunga deposito tersebut akan dipatok tidak terlalu jauh dari laju inflasi. Namun, seperti halnya Rini, Darmin juga enggan mengungkapkan besaran batas bunga deposito BUMN tersebut.

"Tidak bisa dibilang dulu, tapi sudah ada (besarannya)," ujarnya.

Menurut dia, BUMN yang menaruh deposito dalam jumlah besar di perbankan, kerap meminta suku bunga simpanan yang tinggi, dengan kisaran dua digit. Alhasil, perbankan yang memang berlomba mencari simpanan deposito untuk menambah pundi-pundi dana pihak ketiga (DPK), memasang suku bunga deposito yang agresif untuk menarik deposan BUMN. Hal ini karena, jika perbankan kehilangan deposan BUMN maka perbankan tersebut akan mengalami kesulitan likuiditas.

Baca juga: Tim Khusus Pemerintah Target Bunga Kredit Single Digit

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement