Senin 28 Sep 2015 20:48 WIB

Perekonomian Melemah, Ekonomi Kreatif Jadi Andalan

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Triawan Munaf
Triawan Munaf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelemahan ekonomi di Indonesia masih terjadi. Pemerintah pun terus berupaya memulihkannya, termasuk mengembangkan ekonomi kreatif. Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf menyatakan, di tengah lesunya perekonomian, ekonomi kreatif bisa dijadikan andalan. "Dalam suasana pelemahan ekonomi suatu negara, biasanya bidang-bidang ekonomi kreatif bisa menjadi tulang punggung perbaikan ekonomi," ujarnya, di Jakarta, Senin, (28/9).

Maka, ia mengaku senang, ada kerjasama antara Asippindo, LPEI, dan APPI dalam memudahkan pembiayaan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK). "Kami harap dalam waktu ke depan dapat menjadi stakeholder agar bisa mendapatkan akses permodalan yang dibutuhkan," tuturnya.

Triawan menambahkan, tanpa ada permodalan pelaku usaha kreatif akan stagnan. Bahkan bisa dibeli oleh pihak asing.

Ia menjelaskan, sebenarnya potensi ekspor ekonomi kreatif dunia dua kali lipat dibandingkan ekspor minyak Arab Saudi. "Kita memang agak telat, tapi mudah-mudahan lewat nota kesepahaman mendapat banyak manfaat dan mempercepat ketertinggalan kita," harap Triawan. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement