REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — TikTok Indonesia kembali menghadirkan TikTok Awards Indonesia 2025 dengan tema “New Era, New Icons: #IniEraKamu”, bukan hanya sebagai ajang penghargaan bagi kreator inspiratif, tetapi juga sebagai momentum penting bagi pertumbuhan ekonomi kreatif dan industri digital Indonesia. Ajang tahunan ini menjadi bukti nyata kontribusi TikTok terhadap perkembangan ekonomi berbasis kreativitas, di mana jutaan kreator memanfaatkan platform digital untuk membangun karier, membuka peluang usaha, dan menciptakan dampak ekonomi baru di berbagai sektor.
“Selama lima tahun terakhir, kami melihat para kreator tidak hanya menghibur, tetapi juga bertransformasi menjadi pengusaha digital yang mampu menghasilkan pendapatan, membuka lapangan kerja, dan mendorong pertumbuhan ekosistem kreatif nasional. TikTok berkomitmen memperkuat peran ini melalui kolaborasi, monetisasi, dan program apresiasi seperti TikTok Awards Indonesia," ujar Angga Anugrah Putra, General Manager Content Operations, Southeast Asia TikTok, melalui siaran pers, Rabu (12/11/2025).
TikTok mencatat, potensi pasar kreator di Indonesia terus meningkat seiring dengan tumbuhnya sektor ekonomi digital nasional. Melalui inisiatif seperti TikTok Shop by Tokopedia, ribuan kreator telah menjadi bagian dari rantai nilai ekonomi digital, menghubungkan produk lokal dengan konsumen secara langsung.
Kolaborasi strategis TikTok dengan berbagai pihak seperti EMTEK Media juga memperluas dampak ekonomi kreatif di Indonesia. “Kolaborasi lintas platform seperti ini mempercepat pertumbuhan ekonomi digital. Kami melihat banyak kreator lokal yang kini memiliki nilai komersial tinggi dan menjadi magnet bagi industri periklanan serta e-commerce,” ujar Desy Bachir, Head of Strategic Partnerships & Corporate Communications EMTEK Media.
Selain memberikan penghargaan bagi kreator populer, TikTok Awards Indonesia 2025 memperkenalkan dua kategori baru — Sports Partner of the Year dan Entertainment Show of the Year — untuk mengapresiasi kolaborasi yang memperkuat hubungan antara industri media, olahraga, dan hiburan dengan ekonomi kreatif berbasis konten.
Kategori Changemaker of the Year juga menyoroti para kreator yang berhasil menciptakan perubahan sosial dan ekonomi melalui konten digital, menunjukkan bahwa kreativitas dapat menjadi penggerak pembangunan berkelanjutan.
Sejak pertama kali digelar pada 2020, TikTok Awards Indonesia telah memberikan 69 penghargaan kepada 58 kreator dan melibatkan lebih dari 270 nominasi. Banyak di antara mereka yang kemudian berkembang menjadi pengusaha digital, mitra brand, hingga pelaku usaha mikro yang memanfaatkan media sosial sebagai kanal utama pemasaran.