Kamis 02 Jul 2015 20:49 WIB

Menkeu: Pemerintah Berhasil Kendalikan Inflasi saat Ramadhan

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan inflasi Juni yang sebesar 0,54 persen merupakan buah kerja keras pemerintah dalam mengendalikan harga barang dan jasa.  Bambang pun yakin target inflasi 4 plus minus 1 dalam APBNP 2015 dapat tercapai.

Dengan tingkat inflasi Juni 0,54 persen, maka inflasi kalender tahun berjalan yakni Januari-Juni 2015 masih di bawah 1 persen atau tepatnya 0,96 persen.

"Ini adalah inflasi paling baik dalam lima tahun terakhir karena masih di bawah 1 persen. Padahal, di bulan Juni ini ada Ramadhan," kata Bambang di kantor Direktorat Jenderal Pajak, Kamis (2/7).

Dikatakan Bambang, tingkat inflasi dapat terjaga karena upaya pemerintah yang gencar melakukan operasi pasar jelang ataupun saat Ramadhan. Artinya, pemerintah terus berupaya menjaga daya beli masyarakat dengan menjaga tingkat inflasi.

Agar inflasi tidak melebihi target yang telah ditetapkan, maka dalam enam bulan kedepan ini setidaknya tingkat inflasi tidak melebihi 3,2 persen atau setiap bulannya hanya 0,50 persen seperti yang terjadi seperti sekarang.

"Di bulan Ramadhan ini saja inflasi 0,54 persen. Enam bulan kedepan saya yakin inflasi per bulannya bisa lebih rendah," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement