Sabtu 20 Jun 2015 13:19 WIB

Di Tengah Kebuntuan Yunani, IMF Cairkan Dana untuk Siprus

IMF
Foto: www.topnews.in
IMF

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Dana Moneter Internasional (IMF) menyetujui angsuran pinjaman baru untuk Siprus, Jumat (20/6). Siprus menjadi satu-satunya negara zona euro yang menerima dukungan dana talangan.

Padahal pembicaraan IMF menemui jalan buntu dengan Yunani atas bantuan keuangan lebih lanjut.

Seperti Yunani, negosiasi antara Siprus dan troika (IMF, Komisi Eropa dan Bank Sentral Eropa) macet atas reformasi ekonomi yang dituntut para kreditor dalam pertukaran untuk pembiayaan.

Setelah beberapa bulan ada sedikit kemajuan, troika pada akhir Mei mengatakan kajiannya menunjukkan Siprus telah membuat kemajuan pada reformasi. Siprus erutama dipuji pada adopsi langkah-langkah kontroversial pada penyitaan rumah.

Dewan eksekutif IMF menyetujui pencairan 278,4 juta euro (315,8 juta dolar AS). Jumlah total dana yang disalurkan sejak 2013 menjadi 742,4 juta euro.

"Hasil-hasil ekonomi dan fiskal lebih baik dari yang diharapkan, dengan pertumbuhan berbalik positif pada kuartal pertama 2015 serta keuangan publik melebihi target. Likuiditas dan solvabilitas dalam sistem perbankan telah meningkat, yang memungkinkan penghapusan pembatasan pembayaran eksternal," kata Wakil Direktur Pertama IMF David Lipton dalam sebuah pernyataan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement