Sabtu 31 Jan 2015 09:19 WIB

Ekonomi Brasil Catat Defisit Anggaran Pertama dalam 12 Tahun

Bendera Brasil
Foto: blogspot.com
Bendera Brasil

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Brasil pada Jumat membukukan defisit anggaran pertamanya dalam 12 tahun terakhir -- berita lebih buruk bagi ekonomi yang sudah dilanda inflasi tinggi dan menghadapi pemotongan pengeluaran yang mendalam itu.

Bank sentral merilis data yang menunjukkan defisit primer sektor publik setara dengan 0,63 persen dari produk domestik bruto pada 2014.

Ini menandai pertama kalinya angka itu berada di posisi merah sejak 2002, ketika bank sentral mulai menjaga statistik, dan menunjukkan penurunan tajam dari tahun sebelumnya, ketika PDB tumbuh 1,88 persen.

Bank sentral mengatakan, defisit anggaran mencapai 32,5 miliar real (12,5 miliar dolar AS) untuk belanja sektor publik, yang terdiri dari pengeluaran pemerintah daerah dan pemerintah federal.

Pada 2010, ekonomi telah tumbuh pesat 7,5 persen, didorong oleh tingginya harga komoditas dan sumber daya alam. Namun, sejak itu pertumbuhan telah melambat secara dramatis.

Sementara itu, inflasi pada 2014 mencapai 6,41 persen, sedikit di bawah target maksimal pemerintah sebesar 6,5 persen.

Presiden Brasil Dilma Rousseff yang berhaluan kiri, yang terpilih kembali pada Oktober, telah meresponnya dengan mengupas kembali anggaran, sementara menjanjikan untuk melindungi program sosial untuk kelas pekerja.

Dia baru-baru ini mengumumkan pemotongan anggaran yang diperkirakan mencapai 8,4 miliar dolar AS tahun ini, membatasi pengeluaran pada perjalanan, jasa-jasa dan pengeluaran lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement