Ahad 14 Dec 2014 18:32 WIB

MUI: Jadi Destinasi Wisata, Jakarta Islamic Center Perlu Berbenah

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agung Sasongko
Salah satu kegiatan tausiyah dan zikir di masjid Jakarta Islamic Center (JIC), Jakarta.
Foto: Republika/Agung Supri
Salah satu kegiatan tausiyah dan zikir di masjid Jakarta Islamic Center (JIC), Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma'ruf Amin mengatakan, kalau DKI Jakarta ingin jadi destinasi wisata syariah, pemerintah harus membenahi. Misalnya memfasilitasi wisatawan Timur Tengah dengan marka-marka dalam huruf Arab sehingga wisatawan Timur Tengah tertarik.

''Fasilitas juga jangan kumuh, maka harus ada perubahan-perubahan entah pakai peraturan entah menggunakan fatwa. Jika peraturan pemerintah tidak cukup bisa bantu, MUI bisa saja menurunkan fatwa,'' ungkap Kiai Ma'ruf, Ahad (14/12).

Fasilitasi tidak hanya akses tapi juga tempat shalat, toilet, sarana rekreasi dan pusat belanja oleh-oleh. Selain kegiatan yang beragam, JIC bisa menjalin kerja sama dengan pasar Kodja, restoran, mal, dan hotel disekitarnya sehingga wisatawan yang datang merasakan kemudahan dalam berwisata.

''JIC bisa kerja sama dengan travel. Harus ada langkah kreatif dari JIC. Bahkan harus menjemput dan menarik wisatawan,'' kata Kiai Ma'ruf.

JIC masuk kategori wisata syariah meski wisata syariah tidak selalu harus selalu masjid tapi lokasi wisata lain seperti wisata lain, yang penting tidak mengandung unsur maksiat. MUI juga fokus pada produk-produk halal. LPPOM MUI sudah jadi standar halal global bagi 45 lembaga sertifikasi halal di berbagai negara.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement