Senin 26 May 2014 17:48 WIB
Tips Membeli Rumah

5 Hal Sebelum Membeli Rumah Idaman

Perumahan (ilustrasi).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Perumahan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Belum punya rumah idaman? Masih banyak pertimbangan sebelum membeli rumah idaman? Hal itu masih wajar. Sebab, banyak hal harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah. Anda harus yakin bahwa dana yang dikeluarkan sepadan dengan rumah baru yang hendak Anda beli.

Yuk ikuti penuturan Kolomnis Washington Post, Neil Irwin tentang hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah idaman. Neil menyebutkan lima pertanyaan yang harus dijawab calon pembeli rumah. Jawaban ini akan mengarahkan menuju rumah idaman.

Pertanyaan tersebut yaitu :

1. Apakah rumah itu layak ditinggali?

Pastikan bangunan rumah tersebut layak ditinggali. Anda tinggal merenovasi bagian-bagian seperti dapur agar sesuai dengan selera Anda.

2. Berapa lama ingin tinggal disana?

Ini menentukan apakah sebaiknya membeli atau menyewa bangunan. Kalau Anda hanya akan menempati tempat tersebut tiga tahun, maka sebaiknya menyewa saja.

3. Pertimbangkan seberapa nyaman cara membayar rumah tersebut.

Pastikan cicilan rumah masih membuat Anda nyaman. Kondisi ini termasuk apabila sewaktu-waktu Anda kehilangan pekerjaan. Idealnya, cicilan utang tidak lebih dari 30 persen penghasilan yang didapat setiap bulan.

4. Pastikan Anda masih bisa menabung.

Jika membeli rumah permanen, Anda bisa mulai menabung misalnya untuk dana pensiun.

5. Bersiap atas perubahan kondisi ekonomi.

Perekonomian global sedang tidak stabil. Hal ini akan berpengaruh dalam rencana keuangan Anda, termasuk pengeluaran untuk kebutuhan tempat tinggal. Sejauh apa Anda bisa mentoleransi? n meiliani fauziah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement