Rabu 21 May 2014 00:11 WIB

Chairul Tanjung: Ekonomi Indonesia Bergantung Daerah

Rep: Ichsan Emerald/ Red: A.Syalaby Ichsan
Chairul Tanjung
Foto: Republika- Yoghi Ardhi
Chairul Tanjung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang 10 tahun terakhir, perekonomian makro Indonesia terus tumbuh pesat. Berdasarkan pernyataan Bank Dunia, Indonesia masuk 10 besar negara ekonomi dunia dalam hal daya beli atau purchasing power.

Hanya saja Indonesia bisa tumbuh luar biasa jika ditopang oleh pemerintah daerah yang juga kuat. Hal ini dikatakan Menteri Koordinator Perekonomian, Chairul Tanjung, Selasa (20/5).

Oleh karena itu, tutur dia, setiap pihak, baik menteri, gubernur Bank Indonesia, gubernur, walikota dan bupati, memiliki tugas dan tanggung jawab. Khususnya bagaimana mendorong agar pemerintah daerah yang kuat dan mampu menciptakan pembangunan inklusif.

Hanya saja di sela-sela keberhasilan, pasti ada permasalahan daerah dan pusat. ''Saya ingin membicarakan soal inflasi, karena kesejahteraan kita dipengaruhi inflasi,''tutur dia dalam Sarasehan Nasional: Kebangkitan Ekonomi Bangsa, Selasa (20/5).

Chairul Tanjung baru saja menjabat menko perekonomian menggantikan Hatta Rajasa. Sebelumnya, pengusaha yang memiliki beberapa media nasional tersebut menjabat sebagai Ketua Komite Ekonomi Nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement