REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk melakukan sosialisasi program pengelolaan dan perencanaan keuangan kepada kaum remaja lewat permainan BNI Financial Board Game for Teens dalam bentuk kampanye keliling.
"Sejak Januari lalu kami sudah mencoba memberikan edukasi soal program perencanaan dan kelola keuangan kepada siswa siswi SMAN 6 Jakarta pada Mahakam Festival 2014, dan ini akan terus berlanjut," kata Assistant Vice President BNI Div. Customer Management and Marketing Alwas Kurniadi dalam sosialisasi 'BNI Financial Board Game' di Jakarta, Selasa.
Alwas mengemukakan bahwa BNI Financial Board Game adalah salah satu strategi BNI untuk memperkenalkan belajar keuangan dengan cara yang sederhana dan menyenangkan.
Sepanjang tahun 2014 BNI akan terus melakukan kampanye keliling untuk mensosialisasikan program pengelolaan dan perencanaan keuangan kepada kaum remaja lewat permainan BNI Financial Board Game for Teens di 15 Universitas dan lebih dari 20 Sekolah Menengah Atas.
Permainan ini dirancang menyerupai permainan Monopoli dan dipersiapkan sebagai salah satu alat untuk belajar mengelola keuangan dan perencanaan investasi yang disesuaikan dengan kondisi sektor keuangan di Indonesia dan beragam produk keuangan yang dimiliki BNI.
Alwas menjelaskan bahwa permainan ini dapat melatih penggunanya untuk dapat dengan ?lebih mudah dan lebih cepat memahami informasi lengkap mengenai seluk beluk dunia keuangan; mulai dari kondisi ekonomi makro, cara membelanjakan uang, hingga perbedaan karakter berbagai produk keuangan mulai dari perbankan, asuransi, dan produk investasi lainnya yang dapat digunakan sebagai sarana menempatkan dana dan mengelola kekayaan finansial.
"Melalui permainan ini, sejak dini kaum muda sudah belajar mengenai bagaimana mengelola uang, dan kami berharap dapat menciptakan generasi yang tidak buta keuangan," katanya.
Selain itu BNI Financial Board Game juga digunakan sebagai salah satu alat kampanye BNI untuk memperkenalkan produk-produk BNI kepada masyarakat.
"Permainan ini dibuat dalam tiga versi, yaitu BNI Financial Board Game for Kids (untuk anak-anak), BNI Financial Board Game for Teens (untuk remaja dan mahasiswa), dan BNI Financial Board Game for Professional (khusus untuk dewasa)," paparnya.
Ia juga mengemukakan bahwa 'BNI Financial Board Game' sebagai salah satu bentuk dukungan BNI kepada Strategi Nasional Literasi Keuangan yang telah diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
"Dari sekitar 250 juta masyarakat Indonesia, baru 57 persen yang sudah memanfaatkan jasa perbankan. Dari data OJK 2013 lalu juga menunjukkan kurang dari 30 persen penduduk Indonesia yang sudah mendapatkan layanan sektor keuangan," katanya.