Selasa 31 Dec 2013 20:10 WIB

Tahun Baru, Jepang Siapkan 'Tas Keberuntungan'

Kawasan Ginza di Tokyo.
Foto: AP/Shuji Kajiyama
Kawasan Ginza di Tokyo.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Pusat perbelanjaan dan toko eceran di Jepang sibuk mempersiapkan "fukubukuro" alias tas keberuntungan untuk dijual selama masa liburan tahun baru.

Seperti dilansir Japan Today, pelanggan umumnya tidak mengetahui apa isi "fukubukuro", tetapi mereka biasanya membeli atas perkiraan bahwa isinya akan lebih bernilai dari pada harga jualnya.

Banyak pusat perbelanjaan akan buka pada hari tahun baru dari pada 2 Januari seperti yang mereka lakukan di tahun-tahun sebelumnya.

Sogo & Seibu Co membuka toko pada hari tahun baru untuk pertama kalinya tahun lalu, sementara pusat perbelanjaan lainnya tetap tutup dan akan buka lagi pada 2 Januari. Di Jepang, momentum tahun baru seringkali menarik perhatian kakek dan nenek yang ingin membeli hadiah untuk cucu mereka.

Petugas toko mengatakan mereka yakin bahwa penjualan akan lebih tinggi pada tahun baru ini karena kemajuan ekonomi.

Pusat perbelanjaan menyatakan "fukubukuro" yang paling populer adalah yang berharga antara 10 ribu dan 20 ribu yen (sekitar Rp1,1 juta - Rp2,3 juta) dan mereka menyiapkan lebih dari 100 ribu tas. Beberapa tas keberuntungan bisa sangat boros, hingga 20 juta yen (untuk perhiasan), misalnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement