Selasa 11 Oct 2011 09:38 WIB

Politisi DPR Usul, Duit Subsidi BBM Dialihkan ke Kereta Api

Kereta Api/Ilustrasi
Foto: Antara
Kereta Api/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Anggota Komisi V DPR RI Yudi Widiana Adia mendesak pemerintah agar mengalihkan sebagian subsidi bahan bakar minyak (BBM) untuk angkutan kereta api pada APBN 2012.

Menurut Yudi di Jakarta, Selasa, kebijakan subsidi BBM selama ini tidak memihak pada transportasi publik seperti kereta api. Dari besaran subsidi BBM pada APBN 2011 sebesar Rp187,6 triliun, sebanyak 89 persen dinikmati oleh angkutan darat.

Khusus untuk premium, menurut dia, 53 persen dinikmati oleh mobil-mobil pribadi. Oleh karena itu, Yudi mendesak agar alokasi subsidi untuk mobil pribadi dialihkan saja untuk menyubsidi BBM kereta api.

"Tahun 2012, BBM bersubsidi diperkirakan akan melambung menjadi Rp253,35 triliun, sehingga tidak adil jika subsidi sebesar itu tidak menyentuh transportasi massal. Pemerintah harus berani stop subsidi BBM kendaraan pribadi dan mengalihkan ke transportasi publik seperti kereta api," tegas Yudi.

Dengan subsidi, lanjut Yudi, pengelola kereta api dapat berinvestasi untuk pembangunan jaringan rel baru, pengadaan rangkaian-rangkaian gerbong, serta membuat tarif yang terjangkau oleh masyarakat. Semua itu, berdampak langsung pada peningkatan layanan transportasi publik menjadi lebih baik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement