Selasa 21 Dec 2010 00:57 WIB

SBY: Jangan Ada Pungli Sana Pungli Sini!

Rep: M Ikhsan Shiddieqy/ Red: Stevy Maradona
Presiden SBY
Presiden SBY

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap investasi atau penanaman modal di Indonesia bisa terus meningkat. Presiden mengingatkan, peningkatan investasi bisa menggerakkan perekonomian dan membuka lapangan kerja.

Presiden menyampaikan hal itu ketika memberi sambutan dalam penyerahan Penghargaan Nasional Bidang Industri di Istana Negara, Senin (20/12). "Investasilah yang bisa menggerakan, investasi kita meskipun terus meningkat kita rasa masih bisa kita tingkatkan lagi," ujar Presiden.

Selain itu, Presiden mengingatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi bisa terus meningkat dengan adanya pemerintahan yang baik, Undang-Undang yang baik, kebijakan yang baik, regulasi baik. "Tidak ada pungli sana, pungli sini, tidak mempersulit dunia usaha," katanya.

Menurut Presiden, kalau ekspor meningkat lebih tinggi dibandingkan impor, itu juga komponen pertumbuhan. "Lima tahun lalu ekspor kita berjumlah Rp 85 miliar dolar, sekitar sebutlah Rp 850 triliun. Sekarang perkiraan sampai akhir tahun 2010 bisa mencapai 150 miliar dolar atau setara dengan sekitar Rp 1.700 triliun," kata Presiden.

Menurut Presiden, ekonomi tumbuh apabila konsumsi masyarakat makin kuat, ditambah pengeluaran pemerintah kalau APBN/APBD makin besar, lima tahun lalu masih Rp 500 triliun, sekarang Rp 1.000 triliun. Presiden bersyukur investasi di Indonesia berjumlah Rp 200 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement