Jumat 22 Oct 2010 05:00 WIB

PLN Siap Instalasi Satu Juta Sambungan Listrik Baru

Rep: Agung Budiono/ Red: Endro Yuwanto
Jaringan listrik PLN, ilustrasi
Jaringan listrik PLN, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Untuk mengejar rasio elektrifikasi sebesar 1,6 persen dari total yang ada, PT PLN berencana untuk menyalakan satu juta sambungan listrik baru.

"Saat ini total rasio elektrifikasi mencapai 65 persen, dengan penambahan satu juta pelanggan baru, maka akan ada kenaikan hingga 1,6 persen," ujar Manager Media PT PLN Persero, Bambang Dwiyanto, Kamis (21/10).

Bambang menjelaskan, penambahan rasio elektrifikasi itu didapat berdasarkan perhitungan satu penyambungan dinikmati oleh sekitar lima orang dalam satu rumah. "Oleh karenanya penikmat listrik baru bisa mencapai sekitar 5 juta orang atau terdapat penambahan 1,6 persen," tuturnya.

Dijelaskan Bambang, secara rinci penyambungan listrik tersebut tersebar sebanyak 244 ribu sambungan untuk wilayah Indonesia Barat (Sumatra dan Kalimantan Barat), Jawa dan Bali sebanyak 602 ribu sambungan, dan Indonesia Timur sebanyak 154 ribu.

Dari semuanya, sambung dia, maka total target sambungan baru PLN secara keseluruhan pada tahun 2010 mencapai 2,3 juta pelanggan. "Total pemasangan baru 2010 kan sebanyak 1,3 juta sambungan, ditambah dengan program 1 juta sambungan berarti total 2,3 juta sambungan baru untuk tahun ini," jelas Bambang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement