Selasa 18 May 2010 03:53 WIB

Pemetaan Lahan Tebu Selesai Juni

Lahan tebu
Foto: Musyawir/Antara
Lahan tebu

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Untuk memenuhi target swasembada gula 2014, pemerintah menargetkan pemetaan lahan tebu baru untuk investasi pabrik gula selesai pada Juni 2010. Dirjen Industri Agro dan Kimia Kementerian Perindustrian, Benny Wachyudi, mengatakan pengadaan lahan memang menjadi pengambat utama dalam realisasi investasi di industri ini.

''Masalah lahan sudah kita koordinasikan dengan Menteri Kehutanan dan BPN (Badan Pertanahan Nasional). Saat ini posisinya sedang melakukan pemetaan lahan kosong,'' ujarnya usai rapat dengan Komisi VI DPR, di Jakarta, Senin (17/5).

Menurut Benny, lahan kosong yang potensial untuk penanaman tebu dan pembangunan pabrik gula tak hanya terdapat di Papua. Selain di provinsi itu, dia menyebut di Sulawesi Selatan dan sejumlah daerah di Sumatra juga dapat menjadi lokasi lahan tebu baru.

''Saat ini sudah ada 40 perusahaan yang berminat untuk melakukan investasi pabrik gula baru di Indonesia. Total lahan yang dibutuhkan oleh 40 perusahaan itu sekitar 300 ribu hektare. Ada beberapa yang sudah diamankan, ada wilayah yang mendapat dukungan Bupati tapi banyak yang ganda kepemilikannya,'' jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement