REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Sejak diluncurkan pertengahan Maret lalu, SUV listrik Toyota bZ3X telah dikirim ke konsumen sebanyak 10.000 unit. Namun masih 12.000 konsumen mengantre untuk menerima pengiriman mobilnya dari diler.
Wakil Manajer Umum Penjualan di GAC Toyota Peng Baolin mengatakan penundaan pengiriman tersebut karena tingginya permintaan. Keberhasilan awal ini menggarisbawahi dorongan Toyota yang lebih kuat ke pasar kendaraan listrik China melalui lokalisasi yang lebih dalam dan model pengembangan yang baru.
Di Shanghai Auto Show 2025, Toyota memamerkan bZ3X dan bZ7 yang baru diluncurkan, keduanya dikembangkan di bawah sistem Regional Chief Engineer (RCE). Inisiatif ini menempatkan teknisi lokal di pucuk pimpinan perencanaan produk dan R&D, yang memungkinkan model dibuat dari awal untuk konsumen China.
bZ3X adalah SUV listrik kompak Toyota yang berbasis pada platform e-TNGA. Mobil ini memiliki panjang 4.645 mm, lebar 1.885 mm, dan tinggi 1.625 mm, dengan jarak sumbu roda 2.750 mm. Mobil ini menawarkan opsi penggerak roda depan (150 kW) dan penggerak semua roda motor ganda (80 kW + 150 kW). Didukung oleh baterai LFP, mobil ini memberikan jarak tempuh CLTC 500 km dan 600 km. Fitur interiornya meliputi layar sentuh 12,3 inci dengan chip Snapdragon 8155, atap kaca panoramik, dan pengemudian berbantuan L2+ yang didukung oleh Momenta.
Toyota juga telah merestrukturisasi operasinya di Tiongkok di bawah kerangka kerja “Satu R&D” yang terpadu, dengan menggabungkan FAW Toyota, GAC Toyota, BYD Toyota, dan pusat R&D Changshu. Insinyur seperti Liu Wenbin (bZ3X) dan Ye Zhihui (bZ7) kini memimpin proyek kendaraan lengkap—pergeseran dari model adaptasi global-ke-lokal Toyota sebelumnya.
Pengembangan bZ3X mencerminkan pergeseran ini, yang dibentuk oleh penelitian tentang gaya hidup dan harapan keluarga muda Tiongkok. Sementara itu, bZ7 menjadi sedan JV pertama dengan HarmonyOS Huawei.
Toyota mengklaim bahwa, alih-alih “mengejar kecepatan”, mereka mengambil strategi peluncuran yang terukur, memprioritaskan keselamatan dan kematangan produk untuk membangun kepercayaan konsumen jangka panjang. Hal ini sejalan dengan filosofinya untuk menghadirkan kendaraan yang tahan lama dan berkualitas tinggi, bahkan di ruang kendaraan listrik yang berkembang pesat.