Ahad 22 Sep 2024 15:05 WIB

Empat Bank BUMN Masuk Daftar Perusahaan Terpercaya Dunia Versi Newsweek

Pemeringkatan didasarkan survei independen yang melibatkan lebih dari 70 ribu orang.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
PT Bank Mandiri berada pada peringkat 16 perbankan dengan tingkat kepercayaan tertinggi versi Majalah Newsweek. (ilustrasi)
Foto: Bank Mandiri
PT Bank Mandiri berada pada peringkat 16 perbankan dengan tingkat kepercayaan tertinggi versi Majalah Newsweek. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar menggembirakan kembali datang dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Transformasi yang dilakukan BUMN di bawah kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir dalam lima tahun terakhir berdampak besar bagi peningkatan kinerja BUMN. 

Salah satu sektor yang mengalami lesatan signifikan adalah BUMN-BUMN yang bergerak di bidang perbankan. Tak main-main, empat perbankan pelat merah mendapat cap sebagai perusahaan paling dapat dipercaya di dunia pada 2024 versi Majalah Newsweek.

 

Dalam laporan pada 20 September 2024, Majalah Newsweek merilis 66 perbankan dengan tingkat kepercayaan tertinggi. Empat perbankan BUMN yakni PT Bank Negara Indonesia (BNI) menempati posisi 36, PT Bank Syariah Indonesia (BSI) di peringkat 30, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) di posisi 17, dan PT Bank Mandiri berada pada peringkat 16. 

 

Newsweek merupakan majalah berita mingguan yang diterbitkan di New York City, Amerika Serikat (AS) dan diedarkan di seluruh dunia. Majalah memiliki oplah kedua terbesar di AS setelah Time dalam sirkulasi dan pendapatan iklan. 

 

Pemimpin Redaksi Newsweek Nancy Cooper menyampaikan kepercayaan merupakan bagian penting dari hubungan apa pun, mulai dari hubungan pribadi hingga ikatan antara bisnis dan konsumen. Berdasarkan menurut survei PWC 2024, ucap Nancy, 95 persen eksekutif bisnis merasa organisasi memiliki tanggung jawab untuk membangun kepercayaan, 

 

"Namun, kepercayaan sedang menurun di berbagai industri, dengan munculnya kekhawatiran tentang privasi data, penggunaan AI, dan kurangnya transparansi pemasaran dalam ekonomi global yang bergerak cepat," ujar Nancy dalam laman resminya yang dikutip Republika di Jakarta, Ahad (22/9/2024).

 

Dengan meningkatnya kekhawatiran ini, lanjut Nancy, kepercayaan menjadi lebih berharga dari sebelumnya. Nancy mengatakan daftar ini merangkum sejumlah perusahaan yang telah mendapatkan kepercayaan konsumen, investor, dan karyawan dengan menghasilkan produk berkualitas, membayar karyawan dengan upah yang adil, dan menunjuk pemimpin yang efektif.

 

"Pada tahun keduanya, penghargaan perusahaan paling terpercaya di dunia ini memberikan penghargaan kepada 1.000 perusahaan di 23 industri dan 20 negara, yang mencakup berbagai bidang mulai dari layanan keuangan dan media hingga kuliner dan barang konsumsi," ucap Nancy. 

 

Nancy menjelaskan pemeringkatan ini didasarkan pada survei independen yang melibatkan lebih dari 70 ribu peserta dan 230.000 evaluasi dari pelanggan, investor, dan karyawan. Peringkat ini juga mencakup social listening, analisis penyebutan perusahaan di seluruh platform sosial.

 

"Kami berharap daftar ini membantu menemukan perusahaan yang dapat diandalkan, baik sedang berbelanja, mencari pekerjaan, atau ingin berinvestasi," kata Nancy. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement