Selasa 06 Aug 2024 10:51 WIB

Pengusaha Muda Harus Berinovasi Hadapi Pasar yang Semakin Kompetitif

Pentingnya kolaborasi antara dunia akademis, pelaku usaha, dan organisasi

Kuliah umum bertajuk Strategi untuk Membentuk Pengusaha Muda dalam Menghadapi Transformasi Jakarta sebagai Pusat Ekonomi dan Bisnis
Foto: Dok Republika
Kuliah umum bertajuk Strategi untuk Membentuk Pengusaha Muda dalam Menghadapi Transformasi Jakarta sebagai Pusat Ekonomi dan Bisnis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Peran pengusaha muda, sangat penting dalam menyikapi dan memanfaatkan perubahan besar yang terjadi di Jakarta, yang sedang berkembang menjadi pusat ekonomi dan bisnis global. Karena, Jakarta saat ini mengalami transformasi besar yang membuka berbagai peluang bagi pengusaha muda.

"Untuk berhasil, kita perlu memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat, berinovasi, dan memanfaatkan teknologi terbaru,” ujar calon Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jaya, Ryan Haroen, dalam keterengan resminya.

Baca Juga

Ryan sendiri, mengungkapkan hal tersebut saat memberikan kuliah umum bertajuk “Strategi untuk Membentuk Pengusaha Muda dalam Menghadapi Transformasi Jakarta sebagai Pusat Ekonomi dan Bisnis” di Universitas Trisakti, Selasa (5/8/2024). Acara ini diorganisir oleh Universitas Trisakti dan HIPMI PT Trisakti, dan dihadiri oleh mahasiswa, dosen, serta pelaku usaha muda dari berbagai latar belakang.

Ryan juga mengidentifikasi tantangan-tantangan yang dihadapi pengusaha muda. Seperti, kebutuhan untuk beradaptasi dengan disrupsi teknologi dan dinamika urbanisasi. Ia menekankan bahwa pengusaha muda harus mampu berfikir kreatif dan proaktif dalam mengatasi masalah-masalah ini. “Inovasi dan solusi berkelanjutan akan menjadi faktor penentu dalam keberhasilan di pasar yang semakin kompetitif,” katanya.

Ryan Haroen menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara dunia akademis, pelaku usaha, dan organisasi untuk menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan pengusaha muda. “Kolaborasi ini akan memperkuat fondasi ekonomi Jakarta dan Indonesia. Dukungan dari HIPMI PT Trisakti adalah langkah penting dalam mewujudkan visi kami untuk HIPMI Jaya,” kata Ryan.

Dengan penyampaian materi yang komprehensif dan visi yang jelas, Ryan Haroen menunjukkan komitmennya untuk mendukung perkembangan pengusaha muda di Jakarta. Hal ini menjadi salah satu bagian dari programnya sebagai Calon Ketua Umum HIPMI Jaya.

Acara ini juga menjadi momen penting bagi HIPMI PT Trisakti yang sebelumnya telah resmi mendeklarasikan dukungan mereka untuk Ryan Haroen sebagai Ketua Umum HIPMI Jaya periode 2024-2027. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dari HIPMI PT Trisakti untuk mendukung Ryan dalam upayanya memajukan HIPMI dan mendukung pengusaha muda di Jakarta.

Perwakilan HIPMI PT Trisakti, Aufar Latuconsina, dalam acara kuliah umum mengatakan, pihaknya dengan bangga mendukung Ryan Haroen sebagai calon Ketua Umum HIPMI Jaya. "Kami percaya bahwa kepemimpinan Ryan akan membawa inovasi dan kemajuan yang signifikan bagi pengusaha muda di Jakarta,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement