Senin 29 Jul 2024 09:07 WIB

Hindari Kecelakaan, Rifat Sungkar: Pengemudi Harus Paham Fitur Keselamatan Mobil!

Banyak pengemudi merasa aman dengan fitur keamanan, tapi tak paham penggunaannya.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Pembalap Rifat Sungkar mengingatkan kepada pengendara agar memahami dan menguasai kendaraan dan kondisi jalanan. (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/Israr Itah
Pembalap Rifat Sungkar mengingatkan kepada pengendara agar memahami dan menguasai kendaraan dan kondisi jalanan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menanamkan sikap selalu berhati hati saat berkendara di jalan merupakan budaya yang wajib dipatuhi setiap pengendara. Selain dapat menjaga keselamatan diri sendiri, sikap ini juga akan membantu menyelamatkan orang lain yang berada di sekitar jalan.

Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia Rifat Sungkar mengingatkan kepada pengendara agar memahami dan menguasai kendaraan dan kondisi jalanan. Menurutnya, terdapat tiga faktor utama penyebab kecelakaan, di antaranya pengguna jalan, kondisi kendaraan dan jalan itu sendiri.

Baca Juga

"Dalam berkendara sangatlah dianjurkan agar kita benar-benar mengenali berbagai fitur keselamatan yang ada pada mobil, hal tersebut agar kita selalu waspada selama berkendara,” ungkap Rifat dalam Sesi Media Coaching Clinic di GIIAS 2024.

Rifat mengungkapkan, banyak pengemudi yang merasa aman dengan fitur keamanan di kendaraannya, namun tidak paham penggunaannya. Salah satu contohnya adalah kendaraan yang dengan Rem ABS (Anti-lock breaking systems).

"Banyak kejadian di rem mobil ABS , kami lakukan simulasi dan ternyata banyak yang tidak tahu menggunakan safety featurenya. Saat harus mengerem di jalanan yang tidak rata dan tergenang, pengemudi malah merasa remnya rusak," tuturnya.

Oleh karenanya, Mitsubishi mengembangan XForce yang memiliki 4 drive mode Normal, Wet, Mud dan Gravel. Menurut Rifat fitur-fitur ini dapat dipergunakan oleh pemilik XForce selama berkendara sesuai dengan kondisi medan yang dilalui.

Salah satunya adalah drive mode Wet, di mana dengan menggunakan drive mode ini, sistem secara otomatis akan mengurangi tenaga mobil jika tengah melewati jalanan tergenang sehingga meminimalisir terjadinya quaplaning.

Saaat menikung dalam kondisi jalanan basah, fitur ini juga akan bekerja menjaga agar mobil tidak understeer dan mobil dapat tatap berjalan di jalurnya. Selain itu, Rifat juga menjelaskan bahwa kenyamanan kabin juga merupakan dalah satu faktor safety yang dihadirkan oleh XForce.

“Kenyamanan kabin ini akan sangat erat hubungannya pada psikologi pengendara, dengan kondisi kabin yang nyaman, posisi duduk yang pas serta visibility yang luas maka akan membuat berkendara semakin fokus,” ujar dia.

Terdapat juga fitur keselamatan untuk keamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan. Mulai dari empat airbags (driver, passenger, dan side airbags) hingga beberapa fitur ADAS, yakni active stability control, hill start assist, blind spot warning, serta rear cross traffic alert, tire pressure monitoring system, dan sebagainya.

Kemampuan XForce dalam kondisi off-road ringan juga didukung oleh DNA SUV khas Mitsubishi Motors dengan mode berkendara Normal, Wet, Gravel, dan Mud. Ground clearance XForce juga yang tertinggi di kelasnya dengan 222 mm.

Terakhir, Rifat juga mengingatkan untuk menerapkan Eco Driving yakni dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai, selalu memeriksa tekanan ban menggunakan alat ukur dan menghindari muatan barang berlebihan. Selain itu dalam berkendara injak pedal gas secara berlahan, gunakan transmisi sesuai kondisi jalan dan hindari pengereman yang tidak perlu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement