Ahad 30 Jun 2024 10:10 WIB

Bersama BUMN, Produk Herbal UMKM Siap Menaklukkan Pasar Internasional

Kementerian BUMN dan BUMN konsisten mendukung UMKM dengan berbagai program.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Perajin jamu menuangkan jamu cair berbahan rempah-rempah ke dalam botol di industri rumahan jamu tradisional, (ilustrasi)
Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra
Perajin jamu menuangkan jamu cair berbahan rempah-rempah ke dalam botol di industri rumahan jamu tradisional, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama sejumlah BUMN berkomitmen mendukung pengembangan dan perluasan pasar UMKM. Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan Herb Euphoria Fest di Bali merupakan salah satu upaya dalam mendorong akses pasar pelaku UMKM binaan BUMN. 

"Bali kota yang tepat untuk bazar UMKM. Bali memiliki ekosistem bisnis wellness yang kuat dan beragam seperti spa, retret kesehatan, meditasi dan pusat yoga, produsen kosmetik alami, hingga obat tradisional," ujar Loto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (30/6/2024).

Baca Juga

Loto menyampaikan kegiatan ini merupakan inisiatif Kementerian BUMN dengan dukungan BUMN untuk membantu UMKM dalam memperluas jaringan bisnis serta meningkatkan pemasaran dan penjualan produknya. Melalui tema herbal khas nusantara, ucap Loto, kegiatan ini menghadirkan 90 UMKM binaan BUMN Penyelenggara yaitu Perum Perhutani, Bank Mandiri, Pelindo, Adhi Karya, dan Permodalan Nasional Madani (PNM) dengan lebih dari 100 jenis produk olahan herbal, jamu, aromatherapy, makanan dan minuman, beauty and wellness, produk fashion ramah lingkungan (eco print) dan kerajinan berbasis bahan-bahan alami. 

Loto mengatakan Kementerian BUMN dan BUMN konsisten mendukung UMKM dengan berbagai program seperti UMKM Naik Kelas melalui Rumah BUMN dan Program Inkubasi, pembiayaan, dukungan pemasaran secara daring melalui Platform Pasar Digital (PaDi) UMKM maupun secara luring melalui jaringan Sarinah. Selain itu, BUMN juga menyediakan area komersil untuk UMKM pada infrastruktur publik milik BUMN, serta Bazar UMKM untuk Indonesia. 

"Bazar UMKM untuk Indonesia merupakan milik kita bersama. Meskipun hanya lima BUMN yang tergabung sebagai pendukung acara, namun seluruh pihak turut bergotong-royong untuk menyukseskan bazar ini hingga ke kota-kota berikutnya," kata Loto.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perhutani Dewi Fitrianingrum mengaku bangga bisa turut mendukung penyelenggaraan acara Herb Euphoria Fest 2024. Dewi menyebut UMKM akan lebih mudah memperkenalkan produknya dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan hasil karya anak bangsa yang luar biasa melalui Herb Euphoria Fest 2024, UMKM. 

"Banyak mitra binaan UMKM Perhutani yang merasa senang karena telah dibantu dalam proses pemasaran produk. Ini menjadi permulaan baik karena Perhutani memiliki banyak mitra binaan UMKM yang berpotensi terus berkembang sehingga perlu dilakukan perluasan pasar," kata Dewi.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement