Kamis 23 May 2024 16:07 WIB

Global Water Fund Bisa Bantu Proyek Infrastruktur Air, Ini Penjelasan PUPR

Dengan adanya skema tersebut, maka proyek dapat lebih berjalan secara berkelanjutan.

Foto udara suasana Bendungan Semantok di Rejoso, Nganjuk, Jawa Timur, Rabu (3/1/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Mada
Foto udara suasana Bendungan Semantok di Rejoso, Nganjuk, Jawa Timur, Rabu (3/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PUPR Herry Trisaputra Zuna menyebut bahwa Dana Air Dunia atau Global Water Fund yang diusulkan Indonesia dapat menjadi langkah untuk meningkatkan skala suatu proyek infrastruktur air. Herry menilai, dengan adanya Global Water Fund, maka suatu proyek infrastruktur air dapat menarik lebih banyak investor. Dengan adanya skema tersebut, maka proyek dapat lebih berjalan secara berkelanjutan.

“Kita perlu scale up. Kalau project itu hanya ditangani satu kali ya dapatnya satu proyek. Tapi kalau ada Global Water Fund, dia bisa masuk di awal bersama private sector,” kata Herry saat konferensi pers tentang Proposing the Establishment of The Global Water Fund pada World Water Forum ke-10 di Badung, Bali, Rabu (22/5/2024).

Baca Juga

Herry menuturkan bahwa permasalahan air di dunia tidak bisa hanya mengandalkan peran pemerintah, melainkan harus turut serta melibatkan pihak swasta. Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Moya Indonesia Irwan Atmadja Dinata menyampaikan bahwa pihaknya juga mendukung adanya Global Water Fund.

Ia berpendapat, kurangnya investasi swasta yang dikucurkan untuk infrastruktur air dikarenakan keinginan investor yang mendapatkan imbal hasil dalam jangka pendek. Untuk itu, ia memberikan pesan kepada para investor bahwa berinvestasi di proyek infrastruktur air merupakan investasi jangka panjang.

"Ini investasi jangka panjang, investasi 10-12 tahun, kadang-kadang 15 tahun," ujarnya.

Oleh karena itu, Irwan juga menyampaikan bahwa Global Water Fund dapat membuka peluang bagi para investor swasta untuk berkontribusi dalam proyek infrastruktur air.

"Kita dukung, saya sangat dukung sekali konsep ini. Karena mungkin suatu hari nanti 10 tahun lagi Global Water Fund Indonesia bisa investasi di Inggris," tutupnya.

Adapun berdasarkan laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dunia hanya memiliki waktu tujuh tahun untuk mengejar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama yang berkaitan dengan air.

Polusi air dan perubahan iklim menjadi penyebab yang mendesak. Saat ini, 4 juta orang hidup di wilayah krisis air. Satu dari 4 kota menghadapi kerawanan air.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement