Rabu 20 Mar 2024 15:23 WIB

Pangsa Pasar Toyota Tetap Tumbuh Meski Bisnis Otomotif Lesu

Pangsa pasar PT TAM tumbuh 2,1 persen.

Market share (pangsa pasar) perusahaan di Januari hingga Februari 2024 tumbuh meski di tengah pasar otomotif yang sedang lesu.
Foto: AP
Market share (pangsa pasar) perusahaan di Januari hingga Februari 2024 tumbuh meski di tengah pasar otomotif yang sedang lesu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto menyebutkan bahwa market share (pangsa pasar) perusahaan di Januari hingga Februari 2024 tumbuh meski di tengah pasar otomotif yang sedang lesu. Meskipun sempat terjadi penurunan sebesar 22 persen dalam penjualan pasar otomotif pada periode yang sama tahun lalu, Henry menyebut pangsa pasar PT TAM tumbuh 2,1 persen.

“Dua bulan ini kami berhasil menjual 44 ribu-an (kendaraan) dan walaupun di tengah pasar yang memang menurun, tapi market share kita tumbuh 2,1 persen menjadi 31,7 persen,” ujar Henry pada jumpa media di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Baca Juga

Penurunan pasar industri otomotif Tanah Air beberapa waktu ke belakang, menurut Henry, dipengaruhi tahun politik yang berdampak pada keputusan pembelian konsumen terhadap kendaraan. 

Meski begitu, Henry menyebut penjualan mulai terlihat membaik pada bulan Maret. Peningkatan tersebut diharapkan berlanjut hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024 dengan kembalinya belanja konsumen kepada otomotif.

“Sejauh ini kalau kita monitor memang di Maret ini ada peningkatan secara penjualan ya, semoga kita sama-sama harapkan jalan lebaran ini (semakin membaik), dan juga semoga kepercayaan diri dari konsumen untuk belanja lagi di otomotif juga mulai membaik,” katanya.

Lebih lanjut, Henry juga menyoroti pertumbuhan positif di sektor elektrifikasi PT TAM, dengan mencatat peningkatan penjualan kendaraan listrik Toyota (xEV) sebesar 63 persen pada Januari-Februari 2024 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Saat ini, xEV menyumbang sekitar 12-13 persen dari total penjualan Toyota, meningkat dari 67 persen pada tahun sebelumnya. Selain itu, salah satu ajang otomotif terbesar di Indonesia yakni Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang diselenggarakan Februari lalu turut ambil andil dalam pertumbuhan penjualan Toyota.

“IIMS Toyota juga cukup baik, jadi SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) kita juga mencapai 2.500-san atau tumbuh 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Namun yang paling penting juga kita mengenalkan model hybrid yang baru juga yaitu Vellfire Hybrid yang mendapatkan penghargaan sebagai best premium MPV di IIMS kemarin,” kata Henry. 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement