Rabu 20 Mar 2024 11:27 WIB

Pertumbuhan Market Share Toyota Astra Motor (TAM) Lampaui Tren Penurunan Pasar Otomotif

Toyota Astra berhasil membukukan pertumbuhan market share 2,1 persen.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dan Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Nandi Julyanto, dalam jumpa pers di Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024).
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dan Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Nandi Julyanto, dalam jumpa pers di Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengungkapkan bahwa market share perusahaan telah mengalami pertumbuhan yang signifikan pada periode Januari hingga Februari tahun ini. Peningkatan ini berbanding terbalik dengan pasar otomotif yang secara keseluruhan mengalami penurunan.

Henry menjelaskan bahwa meskipun terjadi penurunan sebesar 22 persen dalam penjualan pasar otomotif pada periode yang sama tahun lalu, Toyota Astra Motor (TAM) berhasil mencatat pertumbuhan market share sebesar 2,1 persen. Dengan penjualan sebanyak 44 ribu unit mobil selama dua bulan tersebut, market share Toyota Astra Motor (TAM) kini mencapai 31,7 persen dari total pasar.

Baca Juga

“Walaupun di tengah market yang memang menurun, market share kita juga tumbuh jadi 31,7 persen, tumbuh sekitar 2,1 persen dibandingkan Januari-Februari di tahun lalu ya," kata Henry dalam jumpa pers di Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024).

Toyota menyebut penurunan industri otomotif terutama dipengaruhi oleh faktor politik yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Namun, perkembangan positif terlihat di bulan Maret, di mana penjualan mulai meningkat. Tren positif ini diharapkan berlanjut menjelang hari raya Idul Fitri dan dengan semakin membaiknya kepercayaan konsumen untuk kembali menghabiskan di sektor otomotif.

Selain itu, Henry juga menyoroti pertumbuhan signifikan dalam adopsi teknologi elektrifikasi. Penjualan kendaraan bertenaga listrik (xEV) Toyota mengalami lonjakan sebesar 63 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Saat ini, xEV menyumbang sekitar 12-13 persen dari total penjualan Toyota, meningkat dari 67 persen pada tahun sebelumnya.

Ditambahkan juga bahwa Toyota berhasil memperoleh kesuksesan dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS), dengan penjualan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) mencapai 250 unit, atau meningkat 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Toyota juga meraih penghargaan sebagai Best Premium MPV untuk model terbaru mereka, Vellfire hybrid.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement