Sabtu 17 Feb 2024 07:51 WIB

Tingkatkan Kinerja, Menkeu Lantik 30 Pejabat

Pejabat terdiri atas 27 pejabat pimpinan tinggi pratama dan 3 pejabat noneselon.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Lida Puspaningtyas
Gedung Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.
Foto: Antara
Gedung Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap, seluruh jajaran pimpinan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus menunjukkan dedikasi dan komitmen dalam menjalankan tugas. Utamanya guna menghadapi berbagai dinamika yang dihadapi bangsa Indonesia.

Dijelaskan, mutasi dan promosi di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merupakan hal rutin untuk mengisi jabatan kosong demi meningkatkan kinerja dan menjaga keuangan negara. Itu disampaikan Sri Mulyani dalam pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat pada unit organisasi noneselon di lingkungan Kemenkeu pada Jumat (16/2/2023 ) di Aula Djuanda Kemenkeu, Jakarta.

Baca Juga

“Saya berharap seluruh jajaran pimpinan Kementerian Keuangan, terutama anda yang baru saja dilantik untuk terus menunjukkan dedikasi, komitmen dan kesetiaan untuk menjalankan tugas dengan integritas, kompetensi, dan profesionalisme dalam situasi apa pun. Lalu dalam tantangan apa pun, dalam dinamika apa pun yang dihadapi oleh bangsa Indonesia,” ujar Menkeu.

Ia juga menekankan, leadership dan kompetensi dari para pejabat yang dilantik merupakan kualifikasi yang diharapkan bisa mengemban jabatan. Hal itu, katanya, merupakan suatu komitmen supaya terus meningkatkan kualitas dari organisasi, SDM, dan pada akhirnya kualitas dari kinerja Kementerian Keuangan.

“Tanggung jawab Bapak dan Ibu sekalian sangat besar, sangat penting. Jawablah dan jalankan tanggung jawab itu dengan seluruh komitmen, amanah yang ditunaikan tanpa reservasi. Jaga reputasi diri, jaga reputasi keluarga, jaga reputasi Kementerian Keuangan, dan jaga reputasi Republik Indonesia," tegas dia.

Sri Mulyani turut mengucapkan Selamat bertugas dan selamat menjalankan tanggung jawab ke para pejabat yang baru dilntik. Ia menambahkan, keuangan negara merupakan fondasi sekaligus tulang punggung pokok yang dibutuhkan bagi bangsa dan negara Indonesia dalam menghadapi berbagai situasi.

Maka, lanjut dia, jajaran Kemenkeu perlu terus menjaga komitmen dan integritas dalam menjalankan tugas demi meraih cita-cita bangsa Indonesia. Adapun pejabat yang dilantik hari ini sebanyak 30 orang pejabat, yang terdiri atas 27 pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II) dan 3 pejabat pada unit organisasi non eselon.

Secara rinci, tiga orang pejabat eselon II pada unit Sekretariat Jenderal, delapan orang pada Direktorat Jenderal Pajak (DJP), tiga orang pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), enam orang pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb), empat orang pada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), satu orang pada Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK), dan dua orang pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

Sementara, pejabat dari unit organisasi non eselon yang dilantik yaitu Direktur Operasional dan Manajemen Risiko, Lembaga Manajemen Aset Negara; Direktur Penyaluran Dana, Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup; dan Wakil Direktur Bidang Akademik, Politeknik Keuangan Negara STAN. Selain itu, pada hari ini juga telah diangkat satu orang Chief pada Central Transformation Office.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement