Ahad 11 Feb 2024 15:00 WIB

Pasar Internasional Potensial, PGN Siapkan Pengiriman Kargo LNG ke China  

Bisnis LNG internasional dengan tujuan negara China ini telah dijajaki sejak 2020.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk melaksanakan bisnis jual beli LNG internasional dengan tujuan negara China. Pengiriman pertama LNG kargo internasional PGN dikirim ke pasar China pada 9 Februari 2024. Cita-cita Going Global Business mendorong PGN untuk mewujudkan bisnis ini.

“Manuver ini menjadi realisasi ekspansi bisnis global dan diversifikasi bisnis PGN untuk masuk ke dalam bisnis LNG internasional, dengan memiliki portofolio penjualan energi tingkat global. LNG penting bagi rantai supply yang dimiliki PGN dan diharapkan menjadi penggerak revenue dari bisnis LNG internasional pada tahun 2024,” ujar Direktur Utama PGN, Arief S Handoko melalui keterangan tertulis, Ahad (11/2/2024).

Baca Juga

Bisnis LNG internasional dengan tujuan negara China ini telah dijajaki sejak 2020-2021 bersama supplier dan buyer, hingga akhirnya mencapai kesepakatan bersama untuk realisasi pengiriman LNG tahun ini. Dalam prosesnya, PGN pun berkomunikasi secara intensif baik dengan LNG supplier serta potential buyer. Di samping itu, market intelligence juga dilakukan untuk pemasaran dan penetrasi LNG baik skala regional maupun global.

"Kerja sama ini memberikan benefit bagi PGN untuk penciptaan milestone penting dalam bisnis LNG global, sehingga menimbulkan awareness dan kehadiran dari PGN kepada para pemain LNG skala global. Selain itu, PGN menambah networking untuk menjalin hubungan baik dengan international player," kata Arief.

Arief menekankan perhitungan bisnis dan GCG dilaksanakan dengan prudent agar upaya PGN dalam memasuki pasar LNG internasional memiliki dampak keekonomian bagi perusahaan maupun negara. Selain itu juga tetap memberikan prioritas gas bumi untuk pemenuhan energi dalam negeri agar keekonomian dan ketahanan energi terjaga.

Diversifikasi bisnis LNG internasional di PGN didorong oleh pertumbuhan permintaan LNG di beberapa negara termasuk China. Potensi untuk pasar global cukup menarik, mengingat LNG memiliki keunggulan jika dibandingkan gas pipa. LNG dapat diangkut dalam jarak jauh dan disalurkan ke pusat-pusat permintaan dalam waktu yang relatif lebih cepat, serta dapat diperdagangkan di pasar terbuka. 

"PGN memanfaatkan keunggulan ini dengan kapabilitas portofolio LNG untuk menjadi pemain LNG tingkat internasional. Secara bertahap, infrastruktur diupayakan agar semakin andal, serta meningkatkan komunikasi bisnis baik dengan supplier dan buyer LNG di pasar global," tambah Arief.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement