Selasa 06 Feb 2024 18:09 WIB

Perkuat Rantai Pasok Gas di Jawa, PGN Optimalkan Operasional FSRU Lampung

PGN bekerjasama dengan Hoegh LNG Lampung untuk meningkatkan fasilitas regasifikasi.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Fasilitas Floting Storage and Regasification (FSRU) Lampung
Foto: Ist
Fasilitas Floting Storage and Regasification (FSRU) Lampung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mulai mengoptimalkan Terminal LNG FSRU Lampung untuk memperkuat rantai pasok gas di Jawa dan Sumatera. PGN bekerja sama dengan Hoegh LNG Lampung untuk meningkatkan fasilitas regasifikasi.

Sekretaris Perusahaan PT PGN Tbk, Rachmat Hutama menjelaskan kerjasama ini  lebih mengoptimalkan kerjasama kedua belah pihak dalam pengelolaan Terminal LNG FRSU Lampung. PGN mengoperasikan Fasilitas Terminal LNG Terapung /Floating Storage & Regasification Unit di Lampung sebagai infrastruktur gas bumi terintegrasi untuk supply gas ke wilayah DKI Jakarta, Jawa Bagian Barat, Sumatra Selatan, dan Lampung.

FSRU Lampung terhubung dengan pipa bawah laut berdiameter 24-inch sejauh 21 Km ke Onshore Receiving Facility (“ORF”) di Lampung.

"Kesepakatan yang terjadi ini dituangkan dalam Settlement Agreement yang isinya menyatakan untuk melakukan pencabutan perkara arbitrase dan selanjutnya para pihak akan bernegosiasi  untuk memperoleh kerjasama yang lebih optimal bagi para pihak di dalam aspek komersial LOM Agreement," ujar Rachmat, Selasa (6/2/2024).

ORF secara system terhubung dengan jaringan transmisi SSWJ (South Sumatera -West Java) di stasiun Labuhan Maringgai serta offtake station Lampung. Gas hasil regasifikasi LNG di FSRU Lampung dapat disalurkan ke distribusi Jawa Bagian Barat, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Fasilitas regasifikasi dibutuhkan untuk menciptakan security supply meliputi flexibility, supply reliability, dan supply continuity. Dengan konsep “Merchant Business Model”, maka akan memberikan fleksibilitas untuk menjaga kehandalan pasokan untuk tidak hanya mengandalkan pasokan gas pipa dengan tersedianya penyediaan gas bumi PGN yang diperoleh dari berbagai sumber pasok yakni gas pipa dan LNG serta yang terbaru adalah jenis gas BioMethane. 

Selain itu fasilitas regasifikasi LNG juga berfungsi sebagai supply point, apabila terjadi lonjakan permintaan gas atau jika terjadi penurunan sumber pasokan gas pipa dalam jangka pendek maupun panjang maka hal ini  menunjukkan bagian dari upaya dan komitmen PGN memberikan jaminan layanan kepada pelanggan tanpa putus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement