Kamis 08 Feb 2024 09:51 WIB

Wahai Pencari Loker, Rekrutmen Bersama BUMN akan Kembali Dibuka

Pada tahun ini, kesempatan terbuka semakin luas.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Logo Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Foto: ANTARA /Aprillio Akbar
Logo Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) kembali membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB). Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, program ini menjadi komitmen nyata BUMN yang secara konsisten mendukung penciptaan lapangan kerja nasional. 

Pada tahun ini, kesempatan terbuka semakin luas dengan menjangkau lintas entitas, jenjang pendidikan yang semakin beragam (SMA/SMK/sederajat, D3, S1/D4, sampai S2), serta status pekerjaan baik organik/PKWTT maupun kontrak/PKWT. Erick menyampaikan, tidak hanya induk atau holding BUMN yang bergabung dalam RBB tahun ini, melainkan juga anak perusahaan, cucu perusahaan, dan perusahaan afiliasi BUMN.

Baca Juga

"Harapan saya, dengan scope penerimaan yang lebih besar, RBB dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi putra-putri terbaik dan menciptakan talenta unggul bagi bangsa, selain itu program ini sangat penting guna mendukung keberagaman dan transformasi di BUMN group untuk menjadikan BUMN sebagai pemain global dan berpartisipasi dalam kemajuan perekonomian Indonesia, kesempatan ini juga pastinya berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan Masyarakat," ujar Erick di Jakarta, Kamis (8/2/2024).

Ketua Umum FHCI, Alexandra Askandar, mengapresiasi amanah yang diberikan Kementerian BUMN kepada FHCI untuk kembali menyelenggarakan RBB 2024. FHCI akan terus melakukan peningkatan berkelanjutan  atas kualitas program RBB. Hal itu antara lain dengan peningkatan keandalan sistem, evaluasi proses tahapan RBB, dengan informasi yang lebih detail dan clear yang memudahkan peserta, serta aspek transparansi dan akuntabilitas yang semakin baik.

 

"Kementerian BUMN dan FHCI juga tidak akan segan untuk menindaklanjuti segala bentuk praktik kecurangan yang dilakukan peserta maupun pihak lainnya. RBB rencananya akan mulai dibuka pada Maret 2024," sambung Alexandra. 

Alexandra mengatakan FHCI berkomitmen menjaga dan mengawal seluruh proses rekrutmen yang akan dijalankan dengan profesionalisme, transparansi, dan tetap menjunjung core values AKHLAK, antara lain dengan meningkatkan dan menyempurnakan proses serta keandalan pada sistem rekrutmen yang akan diselenggarakan. Keterlibatan generasi muda sangat penting dalam mengembangkan BUMN dan mendorong inovasi. 

Melalui RBB, lanjut dia, Kementerian BUMN dan FHCI menawarkan peluang karir menarik dan berkelanjutan bagi generasi muda. Generasi muda memiliki kesempatan untuk membawa ide-ide segar, memanfaatkan teknologi terkini, dan mendorong transformasi digital di perusahaan- perusahaan BUMN.

"Generasi muda memiliki peran yang krusial dalam membangun masa depan BUMN yang lebih baik dengan membawa inovasi, keterampilan baru, dan semangat berubah. Dengan keterlibatan aktif generasi muda, BUMN dapat terus menjadi pilar utama pembangunan ekonomi Indonesia," ucap dia.

Alexandra menjelaskan, para peserta dapat mengeksplorasi pilihan lowongan yang tersedia di berbagai bidang industri dan mengikuti seluruh rangkaian RBB 2024 tanpa dipungut biaya apa pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement