Rabu 31 Jan 2024 21:34 WIB

Tantangan Tahun Politik, Pergantian Kepemimpinan Jadi Sorotan Investor

Pada tahun ini akan diwarnai berbagai situasi yang menantang.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ahmad Fikri Noor
Suasana gedung bertingkat di Jakarta, Jumat (22/9/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Suasana gedung bertingkat di Jakarta, Jumat (22/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chief Economist and Head Of Fixed Income Research PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk Fakhrul Fulvian mengatakan, tahun 2024 dinilai akan tetap memberikan peluang investasi yang menarik. Meskipun, pada tahun ini akan diwarnai berbagai situasi yang menantang, baik di dalam negeri maupun geopolitik dan ekonomi global.

Situasi dalam negeri di tahun 2024 ini yang akan diisi dengan banyak agenda politik, seperti pemilihan presiden dan wakil presiden, serta pemilihan kepala daerah. Sebagai negara berkembang, Indonesia memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara maju.

Baca Juga

Namun demikian, ia menilai bahwa kebijakan tingkat suku bunga, likuiditas ketat perbankan serta perlambatan ekonomi di China yang merupakan mitra utama perdagangan negara di Asia Tenggara, akan menjadi beberapa faktor yang akan mempengaruhi ekonomi Indonesia di tahun 2024.

“Karena itu sangat penting untuk memahami bagaimana kepemimpinan ke depan akan berjalan, terutama kebijakan-kebijakan yang menjadi prioritas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Kepercayaan dan kepastian terhadap setiap kebijakan pemerintah akan sangat memengaruhi keyakinan investor dan pelaku usaha dalam mengambil keputusan,” kata Fakhrul dikutip dari siaran persnya dalam acara Trimegah Political and Economic Outlook 2024, Rabu (31/1/2024).

Fakhrul juga menyatakan, pasar modal Indonesia memiliki peran yang semakin strategis sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini sejalan dengan jumlah investor pasar modal yang mencapai 12,16 juta investor, yang meliputi investor saham, obligasi dan reksa dana.

Menurutnya, ekosistem besar pasar modal Indonesia adalah aset penting yang harus dioptimalkan untuk mendorong perekonomian nasional, terutama menjadi sumber-sumber pembiayaan investasi yang lebih efisien dan berdimensi jangka panjang. Itu sebabnya, kebijakan-kebijakan yang propasar modal perlu mendapat perhatian, seperti kebijakan pemerintah mendorong lebih banyak BUMN yang IPO di pasar saham. 

Demikian juga, meningkatkan peran aktif lembaga-lembaga keuangan milik pemerintah seperti BPJS, dana pensiun dan asuransi untuk melakukan investasi di pasar modal menjadi krusial, karena di tengah tingkat suku bunga global memasuki masa higher for longer, dukungan dari pemodal domestik akan menjadi semakin penting. 

Isu lain yang selalu menjadi perhatian investor pasar modal adalah terkait dengan pajak final. Hal seperti ini perlu mendapat kepastian agar tidak muncul spekulasi begitu pemerintahan baru terbentuk.

“Keterlibatan pemerintah dan BUMN dalam menggerakan pasar modal masih sangat dibutuhkan. Peningkatan investasi di pasar modal akan sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional ke depan. Secara keseluruhan, potensi pasar modal Indonesia masih sangat menjanjikan. Trimegah melihat potensi kenaikan IHSG untuk mencapai 7.800 di akhir 2024," tegas Fakhrul.

Analisis mengenai situasi politik, ekonomi dan pasar modal diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pelaku pasar modal dalam mengambil keputusan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement