Selasa 30 Jan 2024 00:13 WIB

BYD Dolphin, Memang Fitur Hatchback Listrik Rp 400 Jutaan Boleh Selengkap Ini?

Pengoperasian fitur-fitur BYD Dolphin dapat dilakukan dengan suara.

BYD Dolphin mampu berlari dengan kecepatan di atas 170 km/jam dengan sangat stabil.
Foto: Republika/Firkah Fansuri
BYD Dolphin mampu berlari dengan kecepatan di atas 170 km/jam dengan sangat stabil.

REPUBLIKA.CO.ID,Pertama kali Republika masuk ke kabin BYD Dolphin di arena pameran Japan Mobility Show, Tokyo, Oktober 2023. Pekan lalu, Republika berkesempatan untuk duduk kembali di balik kemudi salah satu mobil listrik (EV) terlaris BYD ini.

Kali ini tak hanya sekadar duduk di kursi kemudi BYD Dolphin. Republika juga merasakan bagaimana mengendarai salah satu dari tiga mobil yang diboyong BYD dan dipasarkan di Indonesia.

Baca Juga

Mengambil rute Jakarta-Sentul-Serpong, PT BYD Motor Indonesia mengadakan Media Test Drive BYD Dolphin. Wartawan diajak merasakan performa berkendara mobil EV berjenis compact electric hatchback dengan jarak tempuh sekitar 130 km.

President Director PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao dalam sambutan singkatnya mengatakan BYD Dolphin diciptakan untuk merevolusi pengalaman berkendara dengan menyatukan performa EV yang unggul, kenyamanan yang luar biasa, dan keamanan yang sangat teruji.

 

photo
Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao - (Republika/Firkah Fansuri)

 

“Dengan tagline Elevate Attraction, EV ini akan menjadi simbol perubahan dalam industri otomotif dengan menggabungkan teknologi tinggi dan desain yang mengesankan,” kata Zhao sebelum melepas keberangkatan jurnalis menempuh jalur ke Sentul dari lokasi di Diler Arista BYD Tebet, Jakarta, Selasa (23/1/2024).

Sebelum memulai perjalanan,  saya melakukan pengaturan posisi kursi jok yang berdesain modern dan sporty dan head unit yang dapat berotasi sesuai keinginan. Setelah itu mengatur AC, suhu, peta rute perjalanan, audio, dan sistem fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS). Semua pengaturan tersebut jika tidak ingin menggunakan jari-jemari kita, dapat dilakukan dengan mudah melalui perintah suara. Begitu mudahnya.

Jika ingin menghidupkan radio kita tinggal memerintahkannya. Begitu juga ketika suhu udara di kabin kurang dingin, kita pun tinggal memerintahkan supaya suhu udara diturunkan. Semua perintah tersebut sampai saat ini masih harus menggunakan Bahasa Inggris.

Pengemudi dan penumpang di dalam kabin BYD Dolphin juga dimanjakan karena pada bagian interiornya, mobil ini juga memiliki sistem entertainment terkini, seperti enam dynamic speaker, wireless charging, dan intelligent rotating touch screen 12.8 inci. Luasnya layar serta kemampuan berputar akan memudahkan pengemudi untuk melihat keadaan di sekelilingnya.

photo
Head unit BYD Dolphin - (Republika/Firkah Fansuri)

 

Saat menginjak pedal gas BYD Dolphin di jalan Sahardjo Jakarta, yang pagi itu padat,  terasa ringan sekali, yang menandakan tenaga mobil ini dapat diandalkan. Selepas kemacetan Jakarta dan melintas jalan tol Jagorawi, performa dari BYD Dolphin benar-benar bisa dirasakan.

Larinya lincah dan tenaganya besar. Untuk kendaraan hatchback sekelasnya dan bertenaga ICE, BYD Dolphin jelas bukan tandingannya. Mobil ini sangat enak untuk diajak lari dan bermanuver di jalan tol.

Saat dibawa ngebut di jalan tol Cijago dari Jagorawi menuju Serpong, BYD Dolphin sangat stabil dalam kecepatan 173 km/jam. Tidak itu saja, suspensinya pun nyaman. Supensinya tidak keras sehingga membuat pengemudi dan penumpang tidak merasa terbanting-banting dalam kabin. Suspensi pun tidak terlalu lembek yang bisa membuat mobil oleng saat berbelok dalam kecepatan tinggi.

Menggunakan rangka e-platform 3.0, BYD Dolphin terdiri dari susunan baterai blade yang pipih, ringan, dan teruji keamanannya dari kerusakan dan kebakaran. Susunan baterai blade tidak hanya berfungsi dari sisi keamanan dari kebakaran, namun juga membuat mobil stabil sebagaimana mobil listrik pada umumnya.

Mengendari BYD Dolphin dalam kecepatan tinggi tidak akan membuat nyali pengemudi ciut. Mobil ini dilengkapi tujuh airbag yang melindungi setiap sisi-sisi di bagian dalam mobil. Dengan standar keamanan dan keselamatan yang tinggi, BYD Dolphin sudah mendapatkan sertifikat NCAP bintang lima.

Untuk sistem keamanannya, BYD Dolphin pun memiliki serangkaian fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS), termasuk intelligent driving, driving assistant, active safety, parking assistance.

photo
Fitur-fitur BYD Dolphin sangat lengkap.- (Republika/Firkah Fansuri)

 

Terdapat juga berbagai sistem sensor, antara lain lane change collision warning (LCW), rear cross traffic alert, rear cross traffic brake, adaptive cruise control, automatic emergency braking system (AEB), dan blind spot detection

Sementara itu, impresi eksterior ditampilkan dari lampu depan dengan crystal LED dan lampu belakang dengan LED yang memanjang memberi kesan modern dan futuristik. Pada bagian luar pintu terdapat NFC Side Mirror untuk mempermudah saat membuka pintu dengan hanya menempelkan kartu di body kaca spion. Desain yang dinamis dan modern semakin kuat dengan adanya velg alloy 16 inci.

Konsumen otomotif Indonesia dapat memilih dua varian BYD Dolphin, yaitu Dynamic Standard yang memiliki jangkauan hingga 410 km dan Premium Extended dengan jangkauan hingga 490 km.

Calon konsumen BYD Dolphin akan merasakan berbagai fitur canggih dan lengkap yang disajikan oleh mobil sekelas hatcback ini. Namun ada satu hal yang masih mereka tunggu, soal harga yang sampai saat ini masih dirahasiakan oleh pihak BYD Indonesia. Benarkah harganya sekitar Rp 400 jutaan seperti yang diungkapkan secara tidak resmi oleh sales BYD?

 

photo
Tampilan belakang BYD Dolphin - (Republika/Firkah Fansuri)

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement