Jumat 01 Dec 2023 23:15 WIB

BRI dan Pelindo Dukung Bazar UMKM untuk Tingkatkan Kualitas

Acara diikuti oleh 1.189 UMKM mitra binaan dari 22 BUMN

Upaya nyata dalam mendorong pelaku UMKM terus ditunjukkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, salah satunya melalui keikutsertaan BRI di “Bazar UMKM untuk Indonesia” di Ruang Rubanah dan Ground Floor, Sarinah yang berlangsung pada 30 November sampai 3 Desember 2023.
Foto: BRI
Upaya nyata dalam mendorong pelaku UMKM terus ditunjukkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, salah satunya melalui keikutsertaan BRI di “Bazar UMKM untuk Indonesia” di Ruang Rubanah dan Ground Floor, Sarinah yang berlangsung pada 30 November sampai 3 Desember 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) bersama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) turut mendukung kegiatan "Bazar UMKM untuk Indonesia" yang diinisiasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyampaikan apresiasi kepada perusahaan BUMN yang berpartisipasi atas terselenggaranya bazar UMKM sebagai komitmen dalam mendukung UMKM di Indonesia.

Baca Juga

"Semoga langkah ini bisa terus maju dan tahun depan ada ide lagi untuk mengembangkan UMKM kita,” kata Arya di sela seremoni pembukaan Bazar BUMN untuk Indonesia, di Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat (1/12/2023).

Ia menyampaikan, terselenggaranya event Bazar UMKM untuk Indonesia ini, juga merupakan permintaan dari UMKM yang ingin adanya pameran untuk menjual produk-produknya.

 

Memasuki akhir tahun 2023 ini, Bazar UMKM untuk Indonesia ke 12 menghadirkan peserta dan ragam produk inovatif dan kreatif dari 130 mitra binaan Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan 89 mitra binaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

"Sejak Januari 2023 hingga November 2023, Bazar UMKM untuk Indonesia yang berlangsung di Gedung Sarinah Jakarta ini telah diikuti oleh 1.189 UMKM mitra binaan dari 22 BUMN dan telah membukukan transaksi sebanyak Rp9,59 miliar," katanya.

Lebih lanjut Arya menyampaikan, bukti komitmen Kementerian BUMN dalam mendukung produk-produk UMKM juga ditunjukkan dengan pengadaan vending machine yang khusus menjual produk-produk UMKM di Kantor Kementerian BUMN.

Adanya vending machine ini sekaligus mendorong karyawan Kementerian BUMN untuk membeli produk-produk UMKM sebagai bentuk dukungan terhadap produk-produk lokal UMKM.

Arya mengatakan, ke depan vending machine yang menjual produk-produk UMKM tersebut juga ditargetkan ada di seluruh Kantor BUMN, Stasiun Kereta, dan lain-lain.

Kegiatan Bazar UMKM untuk Indonesia menjadi bagian dari Program Bakti BUMN yang merupakan komitmen Kementerian BUMN terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat secara ekonomi dan sosial.

Pengembangan UMKM menjadi salah satu prioritas Bakti BUMN yang diwujudkan melalui gelaran Bazar UMKM untuk Indonesia.

“Di Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN ada penyaluran sekitar Rp1 triliun lebih yang dikhususkan untuk penggiat UMKM khususnya untuk pembinaan di Rumah BUMN, pemasaran, lalu penjualan," katanya lagi.

Turut hadir dalam acara ini Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting, Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman, Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Riefky Yuswandi, Wakil Direktur Utama Pelindo Hambra, Aestika Oryza Gunarto, SEVP Fixed Asset Management and Procurement BRI, dan Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement