Jumat 24 Nov 2023 20:14 WIB

Jokowi Mulai Pembangunan Rumah Sakit Terintegrasi Pertama di Sorong

Pembangunan rumah sakit akan menghabiskan biaya Rp 256 miliar.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ahmad Fikri Noor
Presiden Joko Widodo.
Foto: Dok Setkab
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unimuda Sorong, di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (24/11/2023). Jokowi menyebut pembangunan rumah sakit ini merupakan amal usaha utama dari PP Muhammadiyah yang mengintegrasikan sejumlah fasilitas umum di Sorong.

“Saya melihat belum pernah ada amal usaha PP Muhammadiyah yang gabungan mal, hotel, sama rumah sakit. Ini pertama kali di Sorong,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Baca Juga

Pembangunan rumah sakit yang terintegrasi ini akan menghabiskan biaya Rp 256 miliar. Jokowi menyebut, anggaran pembangunannya didukung oleh APBN dan diharapkan dapat rampung pada 2024.

“Insya Allah diselesaikan di tahun depan, kalau APBN-nya memungkinkan, kalau tidak ya mundur sedikit, tapi kelihatannya ada kok,” ujarnya.

 

Jokowi juga mendorong agar pembangunan rumah sakit tersebut segera dilaksanakan setelah prosesi peletakan batu pertama. Ia mengatakan, akan meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengirim tim guna mengawal pembangunannya.

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unimuda Sorong dibangun di atas lahan seluas 20 ribu meter persegi dan direncanakan akan memiliki luas bangunan seluas 14.603 meter persegi yang terdiri atas pembangunan tahap satu dan tahap dua.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement