Jumat 06 Oct 2023 15:53 WIB

BNI Sekuritas Dampingi IPO Barito Renewables Energy, Oversubscribed 135,2 Kali

Dalam IPO tersebut, BREN berhasil memperoleh dana sebesar Rp 3,13 triliun.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi bursa saham.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi bursa saham.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) sukses mendampingi PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) sebagai Lead Underwriter tunggal dalam Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO). Dalam IPO tersebut, BREN berhasil memperoleh dana sebesar Rp 3,13 triliun.

IPO BREN mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed lebih dari 135 kali dari total porsi minimum pooling awal yang disyaratkan saat Penawaran Umum pada 3-5 Oktober 2023. "Minat investor yang tinggi telah terlihat sejak masa book building yang berlanjut sampai periode penawaran umum," kata Direktur Investment Banking BNI Sekuritas Nieko Kusuma dalam keterangannya, Jumat (6/10/2023).

Baca Juga

BNI Sekuritas merasa senang atas tingginya antusiasme para investor untuk mendukung BREN agar dapat melantai di Bursa Efek Indonesia. Lebih dari 50 ribu investor telah berpartisipasi dalam mendorong terciptanya ekonomi Indonesia yang berkelanjutan dan berlandaskan pada prinsip Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG).

BREN menerbitkan 4.015.000.000 saham baru atau sebesar tiga persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Umum Perdana dengan harga penawaran sebesar Rp 780. Hal tersebut membuat BREN menjadi perusahaan sektor energi terbarukan dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar di BEI.

 

Sebagai informasi, BREN merupakan anak usaha PT Barito Pacific Tbk (BRPT). BREN merupakan perusahaan yang bergerak di bidang energi baru dan terbarukan (EBT). BREN dijadwalkan akan mencatatkan saham perdana pada 9 Oktober 2023.

Dalam prospektus, perseroan akan menggunakan seluruh dana IPO, setelah dikurangi seluruh biaya emisi saham, akan digunakan untuk penyetoran modal kepada Star Energy Group Holdings Pte Ltd (STAR) melalui pengambilan bagian atas saham baru yang akan diterbitkan oleh STAR.

Sementara itu, STAR akan menggunakan dana tersebut untuk membayar sebagian utang kepada Bangkok Bank Public Company Limited serta memenuhi kewajiban pembayaran kepada Star Energy Oil and Gas Pte Ltd.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement