Jumat 06 Oct 2023 15:06 WIB

Makan Nasi Padang Pakai Tangan atau Sendok? Ini Pilihan Erick Thohir

Erick juga sempat mengungkap kebiasaannya saat makan nasi padang.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Erick Thohir mencoba menu masakan padang di Restoran Payakumbuah.
Foto: Dok Tangkapan Layar Instagram
Erick Thohir mencoba menu masakan padang di Restoran Payakumbuah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah perdebatan mengenai cara paling tepat menyantap nasi padang, antara memakai tangan atau memakai sendok/garpu, ternyata ada satu opsi lagi, yaitu gabungkan saja keduanya. Hal itu dilakukan oleh Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir.

Lewat unggahan Instagram pada 10 September 2023, Erick membagikan momen ketika dirinya berjumpa dengan selebritas internet Arief Muhammad dan pengusaha Gilang Widhia Pramana. Mereka bersantap di Rumah Makan Padang Payakumbuah milik Arief dan Gilang.

Baca Juga

"Kalian tim makan nasi padang pakai tangan atau sendok-garpu? Kalau saya, dua-duanya," kata Erick lewat akun @erickthohir. Dalam video yang dia bagikan, Erick memang menggabungkan antara pemakaian sendok/garpu, sekaligus menyantap langsung nasi padang dan lauknya dengan tangan.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu juga memberitahukan kebiasaannya setiap menyantap nasi padang, yakni lauknya harus banyak. Saat bersantap bersama Arief dan Gilang, Erick memilih lima lauk, yakni ikan salai, dendeng batokok, ayam bakar, rendang, dan telur dadar.

Selama bersantap, mereka bertiga pun membicarakan berbagai hal. Salah satunya, bagaimana agar berbagai hidangan khas Nusantara, termasuk masakan Padang, bisa dikenal oleh masyarakat dunia.

"Kami juga ngobrol bagaimana membuat makanan-makanan Indonesia semakin mendunia. Seharusnya tidak sulit, sebab kuliner Indonesia begitu beragam, kaya rasa, dan #EnakTeruusss," tulis Erick.

Pro-kontra #TimPakeSendok dan #TimPakeTangan dalam menyantap nasi padang pernah menjadi viral di media sosial. Bermula pada Januari 2023 ketika Arief Muhammad terheran-heran dengan kebiasaan makan nasi padang yang dilakukan penyanyi Zee JKT48.

Arief yang merupakan orang keturunan Minangkabau berpendapat makan nasi padang lebih tepat memakai tangan. Sementara, Zee terbiasa makan nasi padang memakai sendok. Keduanya tetap bersikeras dengan cara masing-masing. Bagaimana pun, tentunya dalam menyantap nasi padang kembali pada preferensi tiap orang. "Perdebatan" Arief dan Zee berujung tantangan lomba makan nasi padang antara mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement